Yamaha

Robert Alberts Beberkan Segudang Manfaat Persib B untuk Masa Depan

  Senin, 10 Juni 2019   Eneng Reni Nuraisyah Jamil
Pelatih Persib, Robert Alberts. (Eneng Reni Nuraisyah Jamil/Ayobandung.com)

PARONGPONG, AYOBANDUNG.COM--Selangkah lagi, PT Persib Bandung Bermartabat (PT PBB) bakal mengambil alih Blitar United yang bermain di Liga 2. Saat ini pengalihan tersebut masih dalam proses dan tinggal mengunggu tahap administrasi. Nantinya, usai resmi diakuisisi PT PBB, Blitar United bakal berganti nama menjadi Persib B yang dihuni oleh para pemain jebolan Diklat Persib dan skuat Maung Anom.

Praktis melihat kondisi ini, pelatih kepala Persib Bandung, Robert Alberts menyambut baik langkah manajemen. Pasalnya, pelatih asal Belanda itu menyebut pembentukan tim satelit ini bukan hal baru di dunia sepak bola. 

Beberapa klub besar Eropa seperti Real Madrid (Real Madrid Castilla), Barcelona (Barcelona B), hingga Benfica (Benfica B) punya klub satelit yang bermain di divisi bawah. Apalagi pada perjalanannya, klub satelit tersebut memang diperuntukkan sebagai wadah para pemain muda hasil binaan sendiri untuk mendapatkan lebih banyak pengalaman dan jam terbang.

AYO BACA : Selangkah lagi, PT PBB Akuisisi Blitar United Jadi Persib B

"Itu normal jika sebuah klub memiliki second team dan bisa berkembang bersama dengan talenta muda," ungkap Robert usai memimpin latihan di Inspire Arena, Senin (10/6/2019).

Bukan hanya itu, Robert menilai kehadiran tim satelit bakal memberikan segudang manfaat untuk pembinaan pemain muda Persib. Apalagi menurutnya, skuat Maung Bandung memang terkenal memiliki akademi sepak bola yang bagus dengan seabrek talenta pesepak bola muda berbakat.

Tak tanggung-tanggung, pelatih 64 tahun itu mencontohkan, kehadiran penyerang muda Persib, Beckham Putra Nugraha sebagai salah satu bibit talenta emas untuk masa depan Persib Bandung. Hanya saja, Robert tak menampik saat ini Beckham masih belum siap untuk berlaga di Liga 1 lantaran kesulitan memperoleh menit bermain. 

AYO BACA : Robert Alberts: Persib Bandung B Wadah Pencetak Calon Bintang Persib

Namun dengan adanya tim satelit, pemain laiknya Beckham bisa lebih mematangkan diri dan jauh lebih berkembang. Bahkan tim satelit nanti, kemampuan para pemain muda potensial seperti Beckham bisa semakin terasah. Mereka juga bakal mengantongi jam terbang yang lebih banyak sehingga lebih siap ketika mentas di kompetisi Liga 1 pada masa mendatang.  

"Seperti potensi yang dimiliki oleh Beckham. Beckham memiliki talenta yang bagus, dia langsung datang ke liga 1, tapi belum siap karena dia sulit berkembang karena menit bermain yang kurang. Maka dia bisa ke liga 2 untuk berkembang dan dia bisa kembali ke liga 1 dalam keadaan siap bermain," tutur Robert.

Alhasil Robert menilai, pembentukan tim satelit ini merupakan wadah pengembangan akademi klub dalam proses pembinaan pemain muda. Bahkan sistem seperti ini, lanjut Robert bisa saja diikuti oleh klub-klub di Tanah Air.

"Ini adalah contoh bagus untuk klub yang butuh tim kedua. Saya pikir Persib adalah klub pertama (Indonesia) yang punya tim kedua, jadi klub lain bisa mulai mengikuti," ujarnya.

AYO BACA : Bentuk Tim Satelit, Robert Arberts Tolak Persib Tiru Klub Eropa

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar