Yamaha

Arus Balik Normal, One Way Ditiadakan

  Senin, 10 Juni 2019   Erika Lia
Kendaraan pemudik terjebak macet di Gerbang Tol Cikampek Utama, Jawa Barat, Minggu (9/6/2019). (Antara)

CIREBON, AYOBANDUNG.COM--Penerapan one way atau satu arah di jalur tol ditiadakan saat arus balik pada H+5 atau Senin (10/6/2019), kondisi ini lebih cepat sehari dari agenda semula yang direncanakan hingga 10 Juni 2019.

Direktur Operasional PT Lintas Marga Sedaya selaku pemegang konsesi jalan Tol Cikopo-Palimanan (Cipali), Agung Prasetyo mengaku, sampai siang ini pihaknya belum menerima instruksi pemberlakuan one way ke Jakarta dari Jawa Tengah. Instruksi satu arah itu terakhir diterima PT LMS pada Minggu (9/6/2019) yang diterapkan sejak pukul 06.00 WIB hingga pukul 24.00 WIB.

"One way adalah kebijakan kakorlantas. Hari ini belum ada intruksi lagi untuk one way, jadi saat ini lalu lintas normal (dua arah)," jelasnya kepada Ayocirebon.com (Ayo Media Network), Senin (10/6/2019).

Sejak Senin pagi ini, kendaraan yang melintas di Gate Tol Palimanan ke arah Jakarta sejumlah 112.781 kendaraan, dengan rata-rata lalu lintas ke arah Jakarta 3.331 kendaraan/jam. Secara kumulatif, total lalu lintas di kedua arah naik 6,12% dari tahun sebelumnya.

AYO BACA : Masih Banyak Pemudik, One Way Masih Diberlakukan Hari Ini

Namun begitu, bila dibandingkan dengan arus mudik pada waktu yang sama, lalu lintas arus mudik masih lebih besar ketimbang arus balik hari ini. Selisih kendaraan pada arus mudik dan balik mencapai 342.917 unit atau perbandingannya mencapai 47,26%.

Sejauh ini, jumlah kendaraan tertinggi saat arus balik terjadi pada H+4 atau Minggu (9/6/2019) sebanyak 112.781 unit. Pelintas di Tol Cipali terbanyak sepanjang pukul 00.00 WIB sampai pukul 06.00 WIB sebanyak 43.643 kendaraan.

Meski tanpa one way, pihaknya tetap mengimbau pemudik mematuhi peraturan lalu lintas dan petugas di lapangan. Pemudik diingatkan harus tetap fokus dan hati-hati berkendara.

"Manfaatkan fasilitas yang ada di tol dengan baik," tambahnya.

AYO BACA : Petugas Berlakukan One Way dan Contralfow

Demi kelancaran lalu lintas, para pengguna jalan tol juga diharapkan tak melakukan cross median dan tak parkir di bahu jalan.

Pemudik yang melakukan arus balik diimbau pula melakukan transaksi di GT Palimanan dan menggunakan satu kartu UE untuk satu kendaraan. Kecukupan saldo harus dipastikan dengan minimal saldo UE Rp500.000.

PT LMS sendiri memberikan diskon 15% kepada pengguna e-Toll. Diskon ini berlaku saat arus balik, mulai 10 Juni pukul 00.00 WIB sampai 12 Juni 2019 pukul 24.00 WIB.

"Pemberlakuan diskon dimaksudkan agar para pemudik tak menumpuk di puncak-puncak arus balik, yaitu H+3 dan H+4. Dengan begitu, titik-titik kemacetan bisa terurai," paparnya.

Dia menyebutkan, sebagian besar pengguna tol kini sudah menggunakan uang elektronik. Kalaupun ada yang membayar tunai, lebih karena saldo pada e-toll kurang dan itu pun jumlahnya sudah sangat sedikit.

AYO BACA : Diskresi Polisi, Jasa Marga Perpanjang One Way Hingga Cikarut

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar