Yamaha NMax

Yana Minta PD Pasar Segera Relokasi Pedagang Ujungberung

  Senin, 10 Juni 2019   Faqih Rohman Syafei
[REDAKSI] (bandung) Yana Minta PD Pasar Segera Relokasi Pedagang Ujungberung

UJUNGBERUNG, AYOBANDUNG.COM--Wakil Wali Kota Bandung, Yana Mulyana meminta PD Pasar Bermartabat segera merelokasi pedagang Pasar Ujungberung yang terdampak kebakaran. Puluhan pedagang mengalami kerugian akibat peristiwa semalam. 

"Tadi kami minta ke PD Pasar cari tempat penampungan sementara, lokasinya mungkin bersama pak camat cari lokasi supaya pedagang bisa kembali berjualan," ujarnya usai meninjau lokasi kebakaran, Senin (10/6/2019).

Dia menyebutkan sebanyak 55 pedagang mengalami kerugian akibat peristiwa kebakaran, sedangkan penyebab kebakaran Pasar Ujungberung diduga berasal dari arus pendek listrik yang berasal dari kios buah-buahan. Percikan api kemudian merembet ke kios lainnya lantaran banyaknya material yang mudah terbakar. 

"Api berasal dari kios buah, yang juga dititipi pedagang kios mercon yang pulang kampung. Makanya api cepat menyebar ke yang lain," katanya. 

Yana mengingatkan kepada pengelola pasar di Kota Bandung untuk melengkapi alat keselamatan atau alat pemadam kebakaran, mengingat dalam satu bulan ini telah dua kali pasar di Kota Bandung terbakar. 

"Saya pikir ya harus, belajar dari Kosambi itu jalurnya sama sirkulasi udaranya dan evakuasinya sempit, bahkan kerugian yang Kosambi itu capai Rp20 miliar," terangnya. 

Disinggung terkait revitalisasi, dia menjelaskan bahwa Pasar Ujung Berung tidak termasuk dalam bisnis plan PD Pasar tahun 2019. Namun, melihat kondisinya yang lumayan parah pasca kebakaran, Yana akan mencoba mengusulkannya. 

"Tapi ya lihat kondisi begini harus direvitalisasi. Mudah-mudahan bisa komunikasikan dengan Pemprov atau pusat minta bantuan untuk revitalisasi karena ini kan tidak ada di bisnis plan PD Pasar," ucapnya.

Ditambahkannya, Pemerintah Kota Bandung akan berkoordinasi dengan PLN, guna memperbaiki instalasi kelistrikan pasar-pasar di Kota Bandung. Sehingga dikemudian hari, masalah arus pendek listrik bisa segera tertangani.

"Saya imbau PLN agar tidak mudah untuk melakukan penyambungan, jadi memang harus dilihat instalasinya. Tadi saya lihat instalasi listriknya kurang baik," pungkasnya.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar