Yamaha Lexi

PD Pasar Diminta Asesmen Seluruh Pasar dan Lengkapi Fasilitas Alat Pemadam

  Senin, 10 Juni 2019   Faqih Rohman Syafei
Kepala Diskar PB Kota Bandung, Dadang Iriana

UJUNGBERUNG, AYOBANDUNG.COM--Kepala Diskar PB Kota Bandung, Dadang Iriana meminta pengelola pasar untuk memperhatikan aspek keselamatan dengan menyiapkan sejumlah alat pemadam kebakaran. Hal tersebut, guna mencegah dan mengantisipasi terjadinya kebakaran.

"Saya minta kepada PD Pasar harus diassesmen seluruh pasar Kota Bandung mengenai jalur evakuasi dan penyediaan alat pemadam atau APAR dan lainnya," ujarnya di Pasar Ujung Berung, Senin (10/6/2019).

Menurutnya, berkaca pada beberapa peristiwa kebakaran yang terjadi di Kota Bandung masih dirasa kurang untuk segi keselamatan. Walaupun demikian, pada peristiwa kebakaran terjadi tidak sampai memakan korban jiwa, oleh karena perlu pengecekan ulang fasilitas pendukung keamanan. 

Dia menyebutkan kebakaran yang melahap puluhan kios di Pasar Ujung Berung diduga sebabkan oleh arus pendek listrik yang berasal dari kios buah-buahan. Kemudian kobaran api merembet ke kios lainnya lantaran banyak material yang mudah terbakar. 

"Kami upayakan semalam tidak merembet ke gedung sebelah barat, alhamdulillah bisa diantisipasi dalam waktu tiga jam pemadaman dan dua jam pendinginan," katanya. 

Ditambahkannya, pada upaya pemadaman Pasar Ujung Berung Diskar PB Kota Bandung menurunkan sebanyak 19 unit armada yang terdiri atas unit Pancar dan rescue. Sedangkan untuk petugas sebanyak 140 yang diturunkan. 

Sementara itu, Kepala Pasar Ujung Berung, Hariana menyebutkan kios yang terbakar diantaranya 10 toko, 16 kios 54 jongko atau meja dagang. Sedangkan jumlah pedagang yang merugi sebanyak 88 pedagang, dengan jumlah kerugian yang belum bisa ditaksir.

"Kerugian belum bisa dihitung hanya menghitung yang terkena dampak saja, saat ini juga pedagang belum bisa ambil barang dagangnnya dan kami meminta mohon bersabar," pungkasnya.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar