Yamaha Mio S

Sambut Hari Raya Tanpa Biaya

  Senin, 10 Juni 2019   Rizma Riyandi
Ilustrasi Mudik

Mudik dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia diartikan sebagai berlayar atau pergi ke udik (hulu sungai) ataupun pulang ke kampung halaman. Mudik memang identik dengan hari raya demi merayakannya bersama keluarga di kampung halaman. Demi memastikan keamanan dan kenyamanan masyarakat selama perjalanan mudik, Dinas Perhubungan Jawa Barat menawarkan program Mudik Gratis 2019.

Program Mudik Gratis yang diselenggarakan Dinas Perhubungan Jawa Barat ini bertujuan untuk mengurangi volume kendaraan menjelang lebaran, hal ini diharapkan dapat menjaga keselamatan para pemudik itu sendiri. Hal ini disampaikan oleh Dwi Astari, Staff Humas Dinas Perhubungan Jawa Barat.

“Alasan awal kami mengadakan program ini untuk mengurangi jumlah pemudik yang menggunakan sepeda motor, mudik gratis ini pada dasarnya demi keselamatan pemudik itu sendiri,” ujar Dwi ketika ditemui di Jalan Sukabumi No. 1 Bandung (28/5).

Mudik Gratis 2019 menawarkan dua jenis transportasi darat yaitu bus dan kereta. Pemudik yang menggunakan bus dapat membawa sepeda motor dengan cara diangkut oleh truk yang disediakan sementara untuk pemudik yang menggunakan kereta tidak dapat membawa sepeda motor.

Persyaratan untuk mendaftar dalam mudik gratis ini hanya membutuhkan Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan Kartu Keluarga (KK), namun masyarakat yang akan membawa sepeda motor wajib menyertakan Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK). Pendaftaran mudik gratis ini dibuka sejak tanggal 20 Maret 2019 dan rencananya akan ditutup pada tanggal 20 Mei 2019, namun telah habis dalam tempo kurang dari dua minggu.

Kota yang menjadi destinasi dalam program Mudik Gratis yang diselenggarakan oleh Dishub Jabar ini yaitu Yogyakarta dan Solo untuk moda transportasi bus yang akan diberangkatkan dari Bandung, Sukabumi, Bogor, dan Bekasi. Sedangkan untuk moda transportasi kereta akan diberangkatkan dari Bandung menuju Surabaya.

Dinas Perhubungan Jawa Barat menyiapkan 100 bus dan dua gerbong kereta untuk program Mudik Gratis 2019. Jika ditotal, pemerintah akan memberangkatkan 4.700 pemudik dengan rincian 4.400 untuk moda transportasi bus dan 300 untuk moda transportasi kereta.

“Tiket yang sudah ludes terjual, artinya terdapat 4.400 penumpang bus dan 300 penumpang kereta. Total kami memfasilitasi 4.700 warga yang memilih untuk mengikuti Mudik Gratis 2019 bersama Dinas Perhubungan Jawa Barat,” pungkas Dwi.

Keberangkatan akan dilaksanakan pada tanggal 1 Juni 2019 untuk moda transportasi bus dan tanggal 2 juni untuk moda transportasi kereta. Dinas Perhubungan Jawa Barat hanya akan menyediakan tiket keberangkatan saja.

Yohanes Leonardo Rudolf
Mahasiswa Jurnalistik Universitas Padjdjaran

Tulisan adalah kiriman netizen, isi tulisan di luar tanggung jawab redaksi.

Ayo Menulis klik di sini.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar