Yamaha Aerox

Hanya Satu Kecelakaan Lalu Lintas Sepanjang Mudik di Cianjur

  Minggu, 09 Juni 2019   M. Naufal Hafizh
Ilustrasi. (Kavin Faza/Ayobandung.com)

CIANJUR, AYOBANDUNG.COM—Polres Cianjur mencatat hanya ada satu kecelakaan yang menelan korban jiwa sepanjang musim mudik Lebaran 2019, yaitu kecelakaan minibus jurusan Ciwidey-Kalapanungal yang masuk ke jurang sedalam 20 meter di Kampung Mekarmukti, Desa Mekarmukti, Kecamatan Cibinong.

Kanit Lakalantas Polres Cianjur Ipda Iwan Hendi saat dihubungi, Minggu (9/6/2019), mengatakan, angka kecelakaan selama mudik dan balik 2019, menurun tajam dibandingkan tahun sebelumnya sebanyak enam kasus dengan korban meninggal dunia sebanyak delapan orang.

AYO BACA : Jumlah Kecelakaan di Pantura Selama Arus Mudik Turun Drastis

"Dibandingkan tahun lalu jumlah kecelakaan yang melibatkan pemudik sangat menurun, meskipun ada kecelakaan kecil yang tidak menyebabkan luka-luka apalagi sampai meninggal dunia. Kecelakaan yang menonjol hanya satu," katanya.

Ia menjelaskan, sebagian besar kecelakaan kecil tersebut diselesaikan secara kekeluargaan dan tidak dilaporkan kepada petugas. Minimnya angka kecelakaan, tutur dia, karena kesadaran pengendara yang cukup tinggi, terutama tentang tertib lalu lintas.

AYO BACA : U-Turn Ditutup Sementara, Polres Cirebon Imbau Masyarakat Tak Terobos Paksa

"Biasanya yang kecelakaan ringan yang hanya kerugian materil diselesaikan kedua belah pihak dengan jalan musyawarah, sehingga banyak yang tidak dilaporkan ke petugas," katanya.

Iwan mengharapkan, hingga akhir musim arus balik Lebaran tidak ada lagi kejadian kecelakaan kendaraan di sepanjang jalur utama Cianjur. Pihaknya mengimbau agar pengendara lebih waspada dan berhati-hati serta mematuhi rambu lalu lintas.

Sementara itu, informasi yang didapat dari petugas di RSUD Cianjur, tercatat selama musim mudik dan balik, tidak kurang dari sepuluh orang korban kecelakaan dibawa ke IGD rumah sakit tersebut. Bahkan di hari Lebaran, mulai dari pukul 06.00 hingga 17.00 WIB tercatat ada 10 orang korban kecelakaan yang mendapat penanganan medis.

Namun, hingga saat ini, pihak terkait di RSUD Cianjur belum dapat dihubungi untuk dimintai keterangan secara lengkap terkait jumlah korban kecelakaan lalu lintas selama musim mudik dan balik 2019.

AYO BACA : Tabrakan Beruntun Tiga Kendaraan Terjadi di Tol Cipali

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar