Yamaha NMax

Koboy Tjipelah, Kedai Kopi di Alam Terbuka dengan Iringan Musik Country

  Minggu, 09 Juni 2019   Mildan Abdalloh
Suasana di kedai kopi Koboy Tjipelah. Kedai ini dirintis oleh anak muda setempat dengan konsep alam. Selain kopi, musik country menjadi sajian lainnya yang menambah kenikmatan suasana alam terbuka. (Mildan Abdalloh/Ayobandung.com)

RANCABALI, AYOBANDUNG.COM—Menikmati secangkir kopi di kafe sambil diiringi musik mungkin sudah biasa. Bagaimana dengan kopi panas di bawah pohon sambil diiringi musik country? Ini baru luar biasa.

Pengalaman ini mungkin hanya akan didapat di kedai kopi Koboy Tjipelah yang terletak kawasan objek wisata Bandung Selatan.

Tempatnya tidak jauh dari Gerbang Kawah Putih. Di bawah pepohonan rindang, berjejer bangku-bangku dari bongkahan pohon yang akan membuat hidangan kopi semakin mantap, apalagi diiringi musik akustik bergenre country secara langsung, suasana perdesaan menjadi lengkap.

Jika saja kita mengenakan pakaian laiknya koboi Texas, lengkap sudah rasanya menjadi jagoan-jagoan dari negeri kaktus tersebut. Walau demikian, aroma kopi arabika yang dinikmati di alam terbuka dengan sajian musik country sudah cukup menenangkan.

AYO BACA : Sejarah Kopi Palintang yang Tembus Pasar Dunia

"Keinginan konsepnya memang yang ngopi semua mengenakan pakaian koboi yang disediakan, tapi masih terbentur dana," ujar Ridwan, perintis kedai kopi Koboy Tjipelah.

Pendirian kedai kopi Koboy Tjipelah berawal dari sejumlah pemuda yang berada di Desa Cipelah, Kecamatan Rancabali, Kabupaten Bandung. Satu tahun lalu, Ridwan bersama anak-anak muda yang sebagian merupakan koboi (penggembala) juga mantan TKI berkeinginan mengangkat potensi daerah.

"Kami awalnya ingin berinovasi dalam kopi yang banyak ditaman di Cipaleh. Memang penamaan Koboy Tjipelah awalnya hanya supaya mudah diingat," ujarnya.

Berbekal pelatihan mengolah kopi dari Dinas Indag, belasan anak muda Cipelah kemudian meminta izin kepada perhutani memanfaatkan 1,5 hektare lahan untuk dijadikan kedai kopi. Dari 1,5 hektare lahan, baru 300 meteran yang dimanfaatkan.

AYO BACA : 4 Brand Kopi Legendaris Khas Bandung

"Konsep kami memberikan pecinta kopi menikmati sajian kopi di alam terbuka. Jadilah seperti ini," katanya.

Kopi yang disajikan semua berasal dari Cipelah. Kopi arabika tegakan pohon rasamala diolah secara full wash, honey, dan natural bisa disajikan di Koboy Tjipelah.

"Ini murni untuk memajukan daerah. Selama ini Cipelah mempunyai produksi kopi yang tinggi, tapi selalu diklaim oleh daerah lain. Makanya kami hanya menjual brand sendiri, kopi dari daerah sendiri," ujarnya.

"Ingin mensejahterakan petani di daerah sendiri. Makanya kami beli kopi dari petani lebih tinggi dibanding dengan yang biasa mereka jual kepada tengkulak," imbuhnya.

Dengan memakai konsep alam terbuka dan suasana perdesaan, mereka berharap kopi Cipelah bisa lebih dikenal. Dengan begitu, petaninya bisa lebih sejahtera.

Jika Koboy Tjipelah sudah maju, bukan hal tidak mungkin pecinta kopi bisa menikmati secangkir kopi di bawah pohon rindang, diiringi musik country dan pakai baju Koboi akan terwujud.

AYO BACA : 3 Tempat Ngopi Murah di Bandung

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar