Yamaha NMax

Lebaran di Kota Kembang, Yuk Jajal 10 Top Kuliner Bandung

  Sabtu, 08 Juni 2019   Nur Khansa Ranawati
Upnormal Coffee Roasters. (Nur Khansa Ranawati/Ayobandung.com)
LENGKONG, AYOBANDUNG.COM--Bandung tak pernah kehilangan daya tariknya sebagai daerah tujuan wisata. Setiap tahunnya, jutaan pelancong baik yang berstatus sebagai wisatawan domestik maupun mancanegara berkunjung ke Kota Bandung.
 
Selain dikenal dengan objek wisata yang memikat dan memanjakan, kota ini juga dikenal sebagai salah satu sentra industri kuliner di tanah air. Ada banyak jenis varian kuliner, baik tradisional maupun modern, yang sanggup memanjakan lidah para penikmatnya dari kota ini
 
Sebagai rujukan, Kementerian Pariwisata juga mengeluarkan list 10 Top Kuliner Bandung 2019 beberapa waktu lalu. Daftar 10 kuliner ini direkomendasikan untuk dikunjungi wisatawan, termasuk pada periode libur lebaran kali ini. Apa saja kuliner-kuliner tersebut? Berikut daftarnya:
 
Warung Nasi Ibu Imas
 
Warung nasi yang terletak di kawasan Jalan Bojonggede, Kecamatan Regol ini menyajikan berbagai kuliner khas Sunda dengan citarasa yang otentik.
 
Menu yang dijajakan di Warung Nasi Ibu Imas antara lain pepes teri, pepes ikan, ayam bakar, ayam goreng, telur dadar, cumi goreng, pepes tahu, perkedel jagung, belut goreng, perkedel udang  dan lain-lain.
 
Varian sambal dadak dan sambal karedok leunca yang terdapat di Warung Nasi Ibu Imas juga terkenal dan menggugah selera. Warung ini selalu ramai dikunjungi pembeli sebab harga dan suasananya begitu merakyat. Jam buka warung Ibu Imas mulai dari pukul 07.00 WIB-20.00 WIB.
 
Kampung Daun
 
Kampung Daun adalah restoran bernuansa alam yang terletak di kawasan Lembang, Kabupaten Bandung Barat. Selain menawarkan pengalaman bersantap di tengah suasana bangunan berupa pondokan yang eksotis, Kampung Daun juga memiliki menu-menu yang menggoda iman.
 
Para pengunjung bisa merasakan berbagai menu yang komplit dan menggoyang lidah dari berbagai macam gorengan, nasi goreng, nasi liwet, nasi bakar, olahan ikan, iga, sup, soto, bakmi, sate, aneka sayuran, cake, minuman, kopi, hingga oleh-oleh tersedia di sini.
 
Nasi Liwet Asep Stroberi
 
Asep Stroberi merupakan salah satu restoran khas Sunda legendaris. Di Jawa Barat, Restoran asep Stroberi terdapat di Bandung, Garut dan Tasikmalaya. Khusus di Kota Bandung, restoran ini berada di kawasan Jalan Kebon Kawung.
 
Bagi pemudik yang melintasi kawasan Nagreg, Asep Stroberi juga bisa ditemukan di pinggir jalan kawasan ini.
Nasi liwet merupakan menu andalan rumah makan di Asstro.
 
Ditemani sajian utama berupa olahan ikan gurame, olahan ayam kampung, serta olahan daging sapi pilihan menjadikan menu andalan ini berbeda dengan restoran lain, karena olahan utama tersebut dipadukan dengan berbagai lalapan segar, sambal dadakan, tempe mendoan yang gurih, tahu goreng yang lembut dan peda goreng yang menggugah selera. Makanan tersebut disusun di atas baki saji bersama satu kastrol liwet panas. 
 
Kawasan Punclut
 
Kawasan Punclut alias Puncak Ciumbuleuit merupakan salah satu kawasan wisata yang menjadikan panorama dan suasana alam sebagai khas daya tarik utamanya.
 
Tapi, nyatanya kawasan Punclut juga memiliki daya tarik wisata kuliner yang tak kalah menarik. Dengan banyaknya kedai-kedai yang berada di kawasan ini, secara otomatis Punclut bisa menjadi alternatif surga kuliner.
 
Untuk disebut, beberapa kedai yang terbilang recomended untuk dikunjungi di kawasan ini adalah Tafso Barn, De Blan Kon, Dago Bakery, Lereng Anteng Panoramic, D'Dieu Land dan masih banyak lainnya.
 
Nasi Bancakan
 
Terletak di dekat Gedung Sate, tepatnya di kawasan Jalan Trunojoyo, Nasi Bancakan menjadi salah satu lokasi kuliner untuk dikunjungi di pusat Kota Bandung. Nasi Bancakan merupakan restoran yang menyuguhkan beragam kuliner khas Sunda dengan cara penyajian prasmanan.
 
Salah satu hal unik yang bisa ditemuj di restoran ini ialah pengalaman bersantap menggunakan piring bergaya klasik. Para pengunjung juga bisa menikmati beragam menu pepesan dan goreng yang langsung dihangatkan dari oven, dengan harga yang relatif terjangkau tentunya.
 
Lotek Kalipah Apo
 
Seturut namanya, Lotel Kalipah Apo ini berada di Jalan Kalipah Apo Nomor 42, Kecamatan Astanaanyar. Lotek Kalipah Apo merupakan salah satu kuliner legendaris Kota Kembang yang sangat terkenal.
 
Terdapat dua macam lotek, yakni lotek sayur mentah dan yang menggunakan sayur matang. Tekstur sayur dalam Lotek Kalipah Apo terbilang segar dan lembut. Selain lotek, kedai ini juga menyajikan beragam menu seperti nasi dan lauk pauk, berbagai menu bubur tradisional, rujak, dan minuman tradisional.
 
Es Campur Oyen
 
Kota Bandung memiliki banyak outlet yang menjajakan menu es campur. Namun, di antara sekian banyak es campur tersebut, terdapat satu yang paling terkenal di antara yang lain, ia adalah Es Campur Oyen.
 
Es Campur Oyen ini terdapat di beberapa lokasi di Kota Bandung, namun yang paling terkenal ialah di Jalan Sukajadi Nomor 8 sebagai pusat es oyen.
Jika dilihat sekilas, es oyen ini mirip dengan tampilan es teler. Namun kedua jenis es ini memiliki bahan berbeda.
 
Es oyen terdiri dari campuran alpukat, nangka, kelapa muda, melon, sirup, susu kental manis, agar-agar dan pacar cina.
 
Cuanki Serayu
 
Cuanki merupakan salah satu kuliner khas yang tak sulit dijumpai di Kota Bandung, namun di antara sekian banyak cuanki yang ada, Cuanki Serayu menjadi salah satu yang paling popular dan banyak dicari penikmat kuliner di Kota Kembang.
 
Buktinya, kedai cuanki yang berada di Jalan Serayu Nomor 2 ini selalu ramai disesaki pembeli saban akhir pekan dan libur panjang. Berbeda dengan cuanki pada umumnya yang menggunakan mi, Cuanki Serayu menggunakan campuran aci sebagai pengganti mi.
 
Kuah Cuanki Serayu juga menggunakan tulang ikan sehingga menimbukan citarasa segar yang unik.
 
Warunk Upnormal
 
Siapa yang tak kenal Warunk Upnormal? Franchise kuliner yang berasal dari Kota Kembang ini menjadi salah satu merek dagang paling popular di industri kuliner belakangan ini. Warunk Upnormal menjadi sangat popular di kalangan anak muda lantaran ragam menu yang memanjakan serta harga yang ramah di kantong.
 
Para pengunjung bisa menikmati berbagai varian menu makanan berat seperti beragam jenis menu nasi, indomie, aneka roti bakar, pisang bakar, serta aneka minuman dari mulai kopi, jus, olehan es krim, latte drinks dan lain-lain. Berbagai kuliner ini bisa dinikmati dengan suasana kafe yang santai.
 
Kopi Legendaris Aroma
 
Kopi Aroma merupakan kedai kopi legendaris di Bandung. Kedai yang terletak di Jalan Banceuy 51 dan beroperasi sejak tahun 1930-an ini menjual olahan kopi yang diproses dengan cara pembuatan klasik.
 
Bahan baku Kopi Aroma menggunakan kopi dari biji merah pilihan yang dijemur agar terkena sorot matahari. Sebelum dipanggang dan ditumbuk, kopi robusta dan arabika yang menjadi bahan terlebih dulu disimpan selama lima hingga delapan tahun. Citarasa klasik Kopi Aroma juga diteguhkan lewat desain kemasan yang mempertahankan ejaan lama bertuliskan bahasa Belanda.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar