Yamaha Lexi

Ramadan Telah Usai, Begini Pembagian Zakat Fitrah

  Jumat, 07 Juni 2019   Rizma Riyandi
Ilustrasi

Zakat fitrah begitu identik dengan bulan suci Ramadan. Zakat fitrah merupakan salah satu indikator wajib sebagai penyempurna ibadah puasa bagi umat muslim. Zakat yang sudah dikeluarkan akan segera dibagikan kembali kepada mereka yang berhak menerima.

Asep Mamat selaku Unit Pengurus Zakat (UPZ) wilayah Sukabumi mengatakan, jika pada tahun ini terdapat 70% para jamaah membayarkan zakat berupa uang dan 30% berupa beras. Setiap tahunnya pemerintah sudah menetapkan besaran nilai uang pembayaran zakat dengan menyesuakan nilai harga beras.

Mereka yang tidak mampu berhak menerima zakat fitrah ini. Seperti fakir, miskin, yatim piatu dan mualaf. Beliau menambahkan jika mereka yang mualaf pun berhak untuk membayarkan dan menerima zakat itu sendiri.

Mengenai pembagian zakat, pihak Badan Amil Zakat (BAZ) Sukabumi sudah menetapkan ketentuan berupa 14% diserahkan ke pihak BAZ dan 86% dibagikan secara langsung oleh pihak UPZ setempat.

Zakat yang dibagikan pun sesuai dengan zakat yang diterima, yakni berupa uang dan beras. Sebelum dibagikan, pihak BAZ dan DKM melakukan pendataan terlebih dahulu untuk dipersentasikan besaran zakat yang akan dibagikan.

“Kalau banyak yang harus dibagikan berarti menerimanya sedikit. Kalau sedikit yang dibaginya, mereka besar menerimanya. Jadi dari per RT juga ditampung jadi setiap wilayah didata siapa saja yang berhak untuk menerima pembagian zakat fitrah ini. Terutama yang fakir miskin dan anak yatim,” tuturnya saat ditemui di Masjid Al-Hidayah, Sukabumi, Rabu (5/6).

Bagi mereka yang lalai untuk membayarkan zakat fitrahnya, dia menambahkan jika pahala puasa yang akan diterima masih melayang. Sebab, zakat fitrah merupakan penyempurna dengan membakar segala macam keburukan seperti hawa nafsu agar kembali menjadi fitrah alias diri yang suci.

Shilvia Restu Dwicahyani
Mahasiswa Jurnalistik Universitas Padjajaran

Tulisan adalah kiriman netizen, isi tulisan di luar tanggung jawab redaksi.

Ayo Menulis klik di sini.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar