Yamaha Mio S

Polisi Berlakukan 13 Kali One way di Lembang

  Kamis, 06 Juni 2019   Faqih Rohman Syafei
Polisi mengatur arus lalu lintas di simpang Grand Hotel Lembang. (Faqih Rohman/Ayobandung.com)

LEMBANG, AYOBANDUNG.COM—Hingga malam pada hari kedua Lebaran 1440 H, sebanyak 13 kali sistem One way diberlakukan di wilayah Lembang, Kamis (6/6/2019). One way dilakukan guna mengurai kepadatan di beberapa ruas jalan.

Kapolres Cimahi AKBP Rusdy Pramana Suryanegara mengatakan, sistem One way diberlakukan dari Bandung mengarah Lembang dan sebaliknya. Hal tersebut karena arus lalu lintas dikedua arah mengalami peningkatan.

AYO BACA : Libur Lebaran, Ayo Kunjungi 7 Destinasi Wisata Terhits di Bandung

"One way ini supaya arus lalu lintasnya normal kembali, karena terjadi peningkatan volume kendaraan pada hari ini dibandingkan hari kemarin," ujarnya saat ditemui Ayobandung.com di Simpang Grand Hotel Lembang, Kamis (6/6/2019).

Menurutnya, pemberlakuan one way cukup efektif untuk mengurai kepadatan. Sedangkan, lamanya one way tergantung dari situasi di lapangan. Jika dinilai cukup lancar maka dihentikan.

AYO BACA : Objek Wisata Floating Market Diserbu 10.000 Pengunjung

"One way pendek dari Simpang Grand Hotel Lembang-Simpang Beatrix, dan one way panjang dari Panorama-Beatrix. Ini diambil kalau padat ekornya panjang dilakukan, kalau ekornya tidak panjang tidak one way jadi ini situasional," katanya. 

Dia menyebutkan, selain di Lembang, one way diberlakukan di Padalarang karena volume kendaraan khususnya roda dua cukup mendominasi. 

"Tidak sepadat Lembang, peningkatan volume di Padalarang karena banyak masyarakat berkativitas untuk silaturahmi ke sanak keluarga dan berziarah ke makam orang tua," terangnya.

Terkait dengan banyak kemacetan di beberapa tempat keramaian wisata di Lembang, Rusdy mengimbau kepada pengelola wisata untuk menambah lahan parkir sehingga dapat menampung kendaraan wisatawan. Pihaknya mengimbau kepada warga agar tidak parkir dipinggir jalan karena menggangu arus lalu lintas. 

"Imbauan pengelola wisata tolong perhatikan ruang parkir, lalu masyarakat yang parkir dipinggir kami imbau karena itu cukup ganggu dan buat perlambatan arus," pungkasnya.

AYO BACA : 10 Destinasi Wisata Asyik di Bandung

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar