Yamaha

Bandung Zoo Prediksi Kenaikan Pengunjung Terjadi di H+2 Lebaran

  Rabu, 05 Juni 2019   Anya Dellanita
Pengunjung Bandung Zoo di libur Lebaran, Rabu (5/6/2019). (Anya Dellanita/ayobandung.com)

COBLONG, AYOBANDUNG.COM -- Selain silaturahmi, momen libur Lebaran juga merupakan waktu yang biasa dipakai jalan-jalan berwisata bersama keluarga. Masyarakat bisa berwisata kuliner, berwisata edukasi, atau hanya sekadar berjalan-jalan menikmati indahnya alam.

Bandung, sebagai kota yang dikenal sebagai kota wisata, biasanya menjadi salah satu tujuan utama para wisatawan untuk menghabiskan hari libur. Di musim libur Lebaran seperti ini, Kebun Binatang Bandung atau yang kini lebih dikenal dengan Bandung Zoo turut banyak dikunjungi wisatawan, apalagi kebun binatang memiliki objek wisata baru, yakni Aviary.

Namun di hari pertama Lebaran, Rabu (5/6/2019) kunjungan di Bandung Zoo belum begitu meningkat secara signifikan. "Kalau untuk hari ini ya masih biasa kayak hari Sabtu-Minggu biasa. Pengunjung masih sekitar 7 ribuan," ujar Markom Bandung Zoo, Sulhan Syafi'i.

Sulhan mengatakan, kenaikan jumlah pengunjung biasanya baru dimulai pada hari kedua Lebaran. Untuk mengantisipasi kenaikan tersebut, Bandung Zoo akan dibuka lebih pagi.

"Biasanya mah baru mulai rame lebih dari biasanya hari kedua lebaran, bisa sampai 2 digit, sekitar 10 ribuan. Makanya kita besok buka mulai pukul 7.30 WIB," kata dia.

Untuk tingkat kepadatan paling tinggi, Sulhan mempreriksi akan jatuh pada Sabtu dan Minggu, 8-9 Juni mendatang. "Kalau paling tinggi, prediksi nanti di akhir Minggu ini, tanggal 8 sama 9. Itu bisa minimal 15.000 pengunjung masuk sini," katanya.

Antisipasi juga ditingkatkan di bidang keamanan, karena bertambahnya pengunjung berarti bertambah pula risiko terjadinya tindakan kriminal, baik bagi hewan maupun sesama pengunjung. "Kita security kita tambah, yang berpakaian preman dan berpakaian seragam. Polisi juga stand by di depan. Kita juga kerja sama dengan linmas sini. Terus ada pramuka juga," ujar Sulhan.

Sementara itu, untuk program yang paling diminati pengunjung, Sulhan mengatakan Aviary, kandang baru berbentuk kubah di mana burung-burung di dalamnya dilepas bebas. "Oh ini enakeun bisa ke dalam. Ada skywalknya. Bisa foto sama burung juga," ujar Sulhan mengutip komentar beberapa pengunjung.

Bandung Zoo juga tetap menggelar pertunjukan di momen libur Lebaran ini. Pertunjukan yang disediakan adalah mini sirkus dan pertunjukan budaya tradisional.

"Pertunjukan tetap ada, sehari dua pada 10.30 sama 14.30. Khusus Senin, Sabtu, Minggu, kita tambah di sela-selanya tambah sama ketuk tilu buhun. Jadi kita juga mempertahankan budaya Sunda. Selain ketuk tilu ada juga wayang, ada juga silat," lanjutnya.

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar