Yamaha

Sekda Jabar: Zakat Fitrah Jabar Tahun Ini Naik 35%

  Rabu, 05 Juni 2019   Nur Khansa Ranawati
Sekda Jawa Barat, Iwa Karniwa dalam acara open house di rumah dinas Gubernur Jabar di Gedung Pakuan, Rabu (5/6/2019). (Nur Khansa Ranawati/ayobandung.com)

SUMUR BANDUNG, AYOBANDUNG.COMĀ -- Penerimaan zakat fitrah dan sodaqoh di Jawa Barat (Jabar) pada Idulfitri 1440 Hijriah ini mengalami kenaikan dibanding tahun lalu. Sekretaris Daerah Jabar, Iwa Karniwa mengatakan, kenaikan tersebut mencapai 35%.

Data tersebut merupakan angka penerimaan zakat oleh Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Jabar. Iwa mengatakan, tahun ini zakat menembus angka Rp403 milyar.

"Kenaikannya itu 35% dibanding tahun lalu, jadi hampir Rp403 milyar, dulu sekitar Rp300 milyar," ungkap Iwa ketika ditemui di sela acara open house di rumah dinas Gubernur Jabar di Gedung Pakuan, Rabu (5/6/2019).

Iwa mengatakan, pihaknya bersama Baznas akan terus membangun kesadaran masyarakat untuk mengamalkan zakat. "Kita akan kelola Baznas agar lebih baik dan terus mengembangkan kesadaran masyarakat untuk mengalamalkan hadist yang salah satunya adalah membayar zakat" ungkapnya.

Sepengamatannya, zakat adalah sarana yang efektif untuk meningkatkan pemberdayan masyarakat terutama bagi fakir miskin dan pengangguran. "Zakat ternyata lebih efektif untuk pemberdayaan umat khususnya fakir miskin dan pengangguran. Kita akan dorong terus peningkatkan zakat," ujarnya.

Tak terbatas pada zakat, Iwa juga mendorong sodaqoh yang dilakukan secara spontan untuk membantu masyarakat yang mengalami kesulitan di tempat lain, sebagaimana yang dilakukan para ASN Pemprov Jabar untuk membantu warga yang tertimpa musibah di Arab Saudi.

"Kemarin beberapa teman ASN spontan membantu saudara kita yang mendapat musibah di Arab Saudi. Alhamdulillah dari ASN sudah mengirim ke KJRI Jeddah sebesar Rp1 miliar utk meringankan beban," jelasnya.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar