Yamaha Aerox

Ratusan Warga Kota Bandung Gelar Salat Idulfitri Pagi Ini

  Selasa, 04 Juni 2019   Eneng Reni Nuraisyah Jamil
Sebagian warga Kota Bandung telah melakukan Salat Idulfitri 1440 Hijriah pada Rabu (4/6/2019).(Eneng/ayobandung.com)

BANDUNG KULONAYOBANDUNG.COM -- Sebagian warga Kota Bandung telah melakukan salat Id, Selasa (4/6/2019) pagi, meski pemerintah menetapkan Hari Raya Idulfitri atau Lebaran 2019 jatuh pada Rabu, 5 Juni 2019.

Ratusan warga yang melaksanakan salat berasal dari beberapa DKM di wilayah RW 04 Kelurahan Cibuntu Kecamatan Bandung Kulon Kota Bandung.

Salah seorang jamaah, Ihsan Nuraji mengaku dirinya dan warga lain melakukan salat Id pada hari ini karena mengacu pada ketetapan rukyat global atau kriteria penentuan awal bulan berdasarkan Pemerintah Arab Saudi dan beberapa negara lain.

"Jadi kalau di Masjid Al-Islam, An-Nur, At-taqwa, kita itu lihat dari rukyat global jadi bukan hisabnya yang cuman di Indonesia tapi lihat di Arab atau kondisi di luar negeri. Banyak juga di luar negeri yang hari ini melaksanakannya. Contohnya Arab yang memang menentukan 1 Syawal 1440 H itu terdapat pada 4 Juni sekarang. Sedangkan di Indonesia belum katanya," ungkap Ihsan usai melaksanakan salat Id, Selasa (4/6/2019).

Maklum, di beberapa negara di dunia seperti Arab Saudi, Uni Emirat Arab, Kuwait, dan negara-negara teluk lainnya, merayakan Idulfitri pada Selasa (4/6/2019) hari ini. Sementara di Indonesia, Pakistan, Australia, dan negara-negara Asia lainnya, bulan sabit tidak terlihat, sehingga Idulfitri akan dimulai pada Rabu (5/6/2019). 

Pemerintah Indonesia sebelumnya telah menetapkan 1 Syawal 1440 H atau Hari Raya Idulfitri 2019 jatuh pada Rabu tanggal 5 Juni 2019. Penetapan itu disampaikan Menteri Agama Republik Indonesia Lukman Hakim Saifuddin dalam konferensi Pers hasil Sidang Isbat, di Kantor Kemenag, Jakarta, Senin (3/06/2019) malam.

Kendati demikian, Ihsan mengaku masyarakat di wilayahnya lebih memilih mengikuti rukyat global dan melaksanakan salat Id hari ini dan menetapkan Ramadan tahun ini hanya berjumlah 29 hari. Adapun untuk lokasi pelaksanaan salat Id dilaksanakan di Lapangan Benteng, Jalan Soekarno Hatta, Kota Bandung.

"Jadi kita sebetulnya mencari lagi patokannya, kita ambil patokannya di seluruh dunia bukan cuman Indonesia," ujarnya.

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar