Yamaha Aerox

Menhub: H-1 Lebaran Tidak Ada One Way

  Senin, 03 Juni 2019   Dadi Haryadi
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi saat memantau posko angkutan lebaran berbagai daerah di Kantor Pusat Kementerian Perhubungan, Jakarta, Senin (3/6/2019). (Antara)

JAKARTA, AYOBANDUNG.COM--Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi akan meniadakan jalur sistem satu arah atau "one way" dari Tol Cikarang Utara hingga Tol Kali Kangkung pada H-1 Lebaran atau pada Selasa (4/6/2019).

"Besok secara umum tidak ada 'one way'," ujar Budi di Jakarta, seperti dikutip dari Antara, Senin (3/6/2019).

AYO BACA : Jalan Tol Diprediksi Masih Padat, Skema One Way Dilanjutkan

Budi menyebut jalur Tol Cikarut hingga Tol Kali Kangkung semula diterapkan sistem satu arah selama empat hari sejak Sabtu (1/6/2019).

Sistem satu jalur "one way" tersebut dipertahankan hingga Senin malam, mengingat banyaknya pemudik dari Jakarta ke Jawa Tengah lewat jalur darat.

AYO BACA : Masih Banyak Pemudik, One Way Masih Diberlakukan Hari Ini

Namun, Budi mengatakan pemberlakuan "one way" pada Selasa bisa saja terjadi jika ada lonjakan arus mudik di waktu-waktu jelang Lebaran yang jatuh pada Rabu (5/6/2019).

"Masih dimungkinkan untuk Kakorlantas menetapkan diskresi, akan ditambah lagi (masa 'one way') kalau arusnya naik," ujar Budi.

Selain itu, Budi menyebut pihaknya mendiskusikan sistem "one way" tersebut akan diberlakukan hingga kilometer 29, bukan pada kilometer 70.

Sementara, pihak Kemenhub ada mudik jalur darat di jalur tersebut berfokus pada area peristirahatan di kawasan Tol Cipali, yang menjadi titik lelah pemudik.

Kemudian, Budi juga mengusulkan agar Gate Palimanan untuk dibuka agar arus kendaraan dari timur ke barat berjalan lancar. Namun hingga kini, rencana pembukaan Gate Palimanan masih didiskusikan.

AYO BACA : One Way Masih Dilanjutkan dari Tol Cipali-Kalikangkung Semarang

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar