Yamaha Mio S

Jangan Sekadar Mudik, Ayo Jelajahi Daerah Penyangga Tol Cipali

  Senin, 03 Juni 2019   Erika Lia
Taman Goa Sunyaragi di Kota Cirebon menjadi salah satu destinasi wisata yang bisa dinikmati saat berkunjung ke kota ini. Lokasi ini menjadi salah satu situs bersejarah yang menarik dijajal. (Erika Lia/Ayocirebon.com)

CIREBON, AYOBANDUNG.COM--Tol Cikopo-Palimanan (Cipali) menjadi salah satu dari rangkaian Tol Trans Jawa. Para pemudik dari Jakarta yang menuju Jawa dipastikan melalui tol ini.

Tol Cipali melintasi sejumlah daerah di Jawa Barat, salah satunya tiga daerah yang berada di Wilayah Cirebon, masing-masing Kabupaten Majalengka, Indramayu, dan Cirebon. Setiap daerah pun memiliki keistimewaan wisata yang bisa Anda nikmati, salah satunya kekayaan kuliner.

Jangan sekedar melintas, yuk jadikan perjalanan mudik kali ini lebih menyenangkan dengan mengeksplorasi setiap daerah ini. Ada apa saja? Ayo simak!

VP Director PT Lintas Marga Sedaya (LMS) sebagai pemegang konsesi jalan tol Cipali, Firdaus Azis menyebutkan, pemudik yang tertarik untuk mengeksplorasi Majalengka, dapat memgambil jalan keluar pada pintu Gerbang Tol Sumberjaya di KM 175.

Bagi Anda yang ingin mengeksplorasi wisata kuliner, ambillah arah kiri menuju Jalan Raya Cirebon dan terus ke arah Rajagaluh-Ujungberung, Anda akan menemukan Rumah Makan Neng Euis.

"Rumah makan yang berada di tepian sungai ini menawarkan konsep lesehan dengan panorama khas pedesaan," katanya.

AYO BACA : Wisata Cirebon: Sejarah dan Sisi Unik Balai Kota yang Ikonik

Konsep nyaris serupa, namun di tengah kota, dapat Anda jumpai di Pondok Dahar H.M Djaja. Meski lesehan, bukanlah sungai yang ada di sekitar rumah makan ini, melainkan kolam ikan yang mengelilingi tempat makannya.

Bagi Anda yang ingin menikmati suasana sore Majalengka seraya minum kopi misalnya, Kedai Artha Majalengka bisa jadi pilihan.

Majalengka juga memiliki sebuah kampung yang dikenal sebagai sentra durian. Di Pondok Durian Sinapeul yang berada di Desa Ujungberung, Kecamatan Sindangwangi, Anda bisa menikmati durian sepuasnya.

Tak hanya berkuliner ria, bagi Anda yang ingin menikmati wisata alam Majalengka, Anda bisa menikmati sejumlah destinasi wisata alam. Sejumlah wisata alam di daerah yang menjadi salah satu kaki Gunung Ciremai berpijak ini, di antaranya Paraland Resort yang berada di puncak Gunung Paten serta Ciboer Pass berpanorama sawah berundak-undak.

Selain Majalengka, Kabupaten Indramayu juga memiliki kekayaan yang menarik untuk dieksplor. Bagi Anda yang ingin menjajal kuliner Indramayu, Anda bisa keluar di Gerbang Tol Kertajati menuju Jalan Mayor Sastraatmaja dan singgah di Om Caastra Waroeng Makan.

"Makanan khas Indramayu banyak dijual di sini dan cocok sebagai tempat untuk sarapan. Di sini Anda bisa menikmati nasi lengko dengan telur ikan serta pindang gombyang," tuturnya.

AYO BACA : Dongkrak Wisata Jabar, Sultan Cirebon Cetuskan 'Jalan-jalan di Lembur Sorangan'

Rumah makan lain yang menarik yang bisa Anda kunjungi di antaranya Rumah Mertua atau Anda bisa menikmati makanan laut sambil melihat perahu nelayan di sekitar pantai utara Jawa di Pondok Ikan Bakar Mina Ayu.

"Penyuka ayam kampung goreng bisa mampir ke Rumah Makan Ibu Hj. Aas," cetusnya.

Untuk destinasi wisata alam, Anda bisa mendatangi kawasan Ekowisata Mangrove Karangsong atau Pantai Tirtamaya. Jangan ketinggalan mampir ke Oemah Nenek untuk membeli aneka camilan khas Indramayu atau membeli manisan mangga di Manisan Mangga Dokter Liana.

Sementara, bagi Anda yang ingin menikmati aneka kuliner dan wisata di Cirebon, Anda bisa keluar di gerbang tol Palimanan 2 di KM 188. Untuk wisata kuliner, Anda bisa singgah di Nasi Jamblang Ibad Otoy atau Nasi Jamblang Ibu Nur.

Bagi Anda yang ingin menjajal kuliner khas Cirebon lainnya berupa empal gentong, datanglah ke RM Empal Asem H. Apud. Selain itu, Anda juga mengunjungi Klapa Manis, sebuah restoran yang berada di tepi Bukit Gronggong.

"Di sini, Anda bisa melihat pemandangan kota Cirebon dari ketinggian. Saat malam, restoran ini dipenuhi lampu temaram sehingga berkesan romantis," paparnya.

Anda yang ingin mengeksplorasi tempat-tempat wisata Cirebon, kunjungilah Taman Goa Sunyaragi, sebuah situs bersejarah yang disusun dari batu karas. Anda juga bisa mampir ke Istana Kerajinan Kerang CV Multi Dimensi yang mengolah limbah kerang menjadi produk kerajinan, mulai dari piring dan gelas hingga meja tamu.

AYO BACA : Kejawanan, Destinasi Wisata Pantai Kebanggaan Cirebon

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar