Yamaha Mio S

Dari Opak sampai Ubi Cilembu, Ini Oleh-oleh Mudik di Cileunyi

  Senin, 03 Juni 2019   Nur Khansa Ranawati
Penjual tahu Sumedang di sekitar Cileunyi. (Nur Khansa/ayobandung).

CILEUNYI WETAN, AYOBANDUNG.COM--Berencana mudik lewat Cileunyi dan sekitarnya? Bila ada waktu luang, sempatkan diri untuk berburu buah tangan khas daerah tersebut untuk dibawa pulang atau sebagai bekal di perjalanan.

Sentra oleh-oleh dapat Anda temui tak jauh dari perempatan Cileunyi di jalur menuju Garut. Sepanjang jalan tersebut hingga Rancaekek, beragam aneka makanan tersedia dengan harga relatif murah. 

1. Tahu Sumedang
Tahu kecil kecoklatan khas Sumedang menjadi salah satu yang paling banyak dijual di Cileunyi. Biasanya, Tahu Sumedang dinikmati hangat-hangat bersama lontong dan sambal kecap. Di sini, Anda dapat membeli tahu gurih tersebut seharga Rp25 ribuan per-keranjang. Sementara, lontong dijual seharga Rp10 ribuan.

Sebagaimana namanya, Tahu Sumedang juga banyak dijumpai di sepanjang jalan menuju Sumedang dan Cirebon mulai dari Kecamatan Tanjugsari.

2. Ubi Cilembu
Selain tahu, ubi juga banyak dijumpai sepanjang jalan. Anda bisa memilih untuk membeli ubi yang masih mentah untuk dibawa pulang ataupun ubi bakar yang bisa langsung disantap. Harganya berkisar antara Rp18 ribuan untuk yang mentah hingga Rp23 ribuan untuk ubi matang. Sebagaimana Tahu Sumedang, Anda yang akan mudik ke arah Sumedang dan sekitarnya juga dapat menemukan ubi di toko oleh-oleh pinggir jalan. 


3. Opak Linggar
Untuk menemukan opak ini, Anda dapat mengemudi ke arah Rancaekek, tepatnya di Desa Linggar Kabupaten Bandung. Opak yng dibuat dari tepung beras ini memiliki varian rasa manis, asin, hingga rasa kelapa yang gurih. Harganya berkisar antara Rp12 ribu hingga Rp13 ribu per-bungkus. Anda juga dapat membeli opak linggar kalengan dengan harga Rp120 ribu per-kaleng. 

4. Peuyeum
Sebagai makanan khas Bandung, peyeum juga menjadi salah satu primadona oleh-oleh di Cileunyi. Per kilogramnya, peyeum dibanderol seharga Rp15 ribuan rupiah. 

5. Kerupuk Melarat
Kerupuk yang kerap disebut kerupuk melarat ini adalah salah satu makanan yang mencuri perhatian di jajaran sentra oleh-oleh Cileunyi karena warna-warni cerahnya. Kerupuk melarat biasa disajikan dengan sambal khusus ataupun dimakan sebagai pelengkap nasi dan lauk-pauk. Harganya dibanderol mulai dari Rp10 ribuan per-plastik.

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar