Yamaha Lexi

Nyaris Rugi, Pedagang Ubi Cilembu Berharap Berkah Idulfitri

  Minggu, 02 Juni 2019   Mildan Abdalloh
Pedagang Ubi CIlembu di Nagreg. (Mildan Abdalloh/Ayobandung.com)

NAGREG, AYOBANDUNG.COM--Ramadan dan Idulfitri biasa menjadi berkah bagi masyarakat, termasuk pedagang. 

Berkah Ramdan dan Idulfitri sangat diharapkan oleh pedagang Ubi Cilembu yang menjadi oleh-oleh khas Nagreg. Penjualan yang meningkat sangat diharapkan salah satunya oleh Eman Sulaeman (63) pedagang ubi cilembu di Nagreg.

Pria paruh baya yang telah menjual ubi cilembu di Nagreg sejak 2007 tersebut telah menyiapkan stok untuk Ramadan dan Idulfitri.

Ubi Cilembu itu tidak bisa diolah mendadak, butuh waktu beberapa pekan. Jadi sebelum musim mudik ini saya stok 5 kuintal, ujar Eman, Minggu (2/6/2019).

AYO BACA : Pedagang di Pasar Kosambi Kembali Bergairah

Jumlah yang cukup banyak dengan harapan habis saat musim mudik. Namun hingga H-3 Idulfitri ini, penjualan ubi Cilembu di Nagreg nyaris tidak ada peningkatan

Menurut Eman, penjualan ubi Cilembu musim mudik tahun ini tidak jauh berbeda dengan penjualan hari-hari biasa.

Sehari paling bisa menjual 10 kilogram. Seperti hari biasa saja. Padahal dulu kalau musim mudik, bisa menjual 50 kilogram sampai 1 kuintal, katanya.

Kondisi tersebut membuatnya terancam merugi. Terlebih ratusan kilogram stok yang dipersiapkan sejak sebelum Ramadan belum habis dan bisa menjadi busuk.

AYO BACA : Pasar Tumpah di Pantura Rawan Sebabkan Macet Mudik

Bisa rugi kalau terus begini mah, ucapnya.

Hal senada diungkapkan oleh Imas Maeliah (33) penjual Ubi Cilembu lainnya. Musim mudik saat ini terbilang sepi, bahkan di Nagreg arus lalu lintas sangat lancar.

Kondisi tersebut membuat banyak pemudik tidak berhenti untuk membeli Ubi Cilembu sebagai buah tangan atau panganan selama perjalanan.

Kendaraannya jarang yang berhenti, jadi sepi, katanya.

Karena musim mudik sepi pembeli, Imas berharap berkah Idulfitri tetap menghampirinya.

Mudah-mudahan saja setelah lebaran bisa ramai. Biasanya kalau saat mudik sepi, setelah lebaran ramai, ujarnya.

Di sepanjang jalan Nagreg, terdapat puluhan pedagang Ubi Cilembu. Mereka biasa mengandalkan penjualan saat musim mudik, satu pedagang rata-rata telah mempersiapkan stok ubi ratusan kilogram.

AYO BACA : Lalin Lancar, Pedagang Nagreg Sepi Pembeli

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar