Yamaha

Puskesmas Keliling Cinunuk Siaga Bagi Pemudik di Cileunyi

  Sabtu, 01 Juni 2019   Nur Khansa Ranawati
Puskesmas keliling di Cinunuk.

CILEUNYI WETAN, AYOBANDUNG.COM--Bagi Anda yang akan mudik melintasi perempatan Cileunyi dan merasa kurang fit, tak perlu khawatir. Jangan buru-buru tancap gas ke tempat tujuan, sempatkan dulu beristirahat di posko Pengamanan Lebaran Perempatan Cileunyi.

Pasalnya, di posko tersebut para petugas dari Puskesmas Cinunuk telah bersiaga sejak pagi untuk menangani para pemudik yang kelelahan atau hingga mengalami gangguan kesehatan.

Puskesmas keliling ini juga memiliki perlengkapan untuk pertolongan pertama bagi kondisi gawat darurat bila ada kecelakaan yang dialami pemudik.

Salah satu dokter yang berjaga, Catarina mengatakan, sejak dibukanya posko pada 29 Mei 2019 hingga saat ini, kebanyakan keluhan pemudik yang menepi ke puskesmas keliling ini meliputi flu, demam, batuk, hingga diare.

"Kami menyediakan obat standar puskesmas bagi pemudik yang sakit," jelasnya ketika ditemui di sela tugasnya, Sabtu (1/6/2019).

Sementara itu, untuk penanganan yang lebih gawat, petugas dapat merujuk pemudik ke Rumah Sakit AMC yang terletak tak jauh dari posko.

Agar dapat mudik dengan fit, Catarina berpesan agar pemudik dapat memilih berangkat di sore atau malam hari untuk menghindari terik di kala puasa. Namun, bila terpaksa berangkat siang hari, dirinya meminta pemudik untuk mengkonsumsi air dan sayuran yang memadai.

"Harus banyak minum, banyakin sayur dan buah juga minum madu. Sempatkan berhenti untuk istirahat," jelasnya.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE