Yamaha Mio S

Emil Imbau Pemudik Tak Bawa Teman Saat Kembali Merantau

  Sabtu, 01 Juni 2019   Fira Nursyabani
Seorang penumpang berswafoto dengan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil yang tengah meninjau arus mudik di Terminal Cicaheum, Bandung, Jawa Barat, Sabtu (1/6/2019). (ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi)

KIARACONDONG, AYOBANDUNG.COM -- Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengimbau pemudik agar tidak membawa teman atau sanak saudaranya ke kota usai mudik Idulfitri 1440 Hijriah.

"Saya imbau enggak usah bawa teman-temanya lagi ke Bandung, ke-Jabar kalau nanti pas mau balik lagi ke kota setelah Lebaran," kata dia seusai meninjau pelaksanaan arus mudik di Terminal Cicaheum Kota Bandung, Sabtu (1/6/2019),

AYO BACA : Ridwan Kamil Cek Persiapan Mudik di Terminal Cicaheum

Gubernur yang akrab disapa Emil itu mengatakan ia dan Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum berkomitmen untuk membangun wilayah desa selama menjabat sebagai kepala daerah di Provinsi Jawa Barat.

"Insyaallah sebagai gubernur saya akan meningkatkan ekonomi-ekonomi di daerah atau di desa. Ini dilakukan agar tidak ada urbanisasi ke metropolitan. Yang nikmat itu tinggal di desa tapi rezekinya kota," kata dia.

AYO BACA : Cegah Kemacetan, Emil Imbau Pemudik Hindari Rest Area

Sejumlah program yang disiapkan pihaknya untuk membangun daerah diantaranya ialah Program Desa Juara One Village One Company. Sementara itu, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Provinsi Jawa Barat menyatakan Kabupaten/Kota Bandung menjadi daerah yang paling banyak dituju oleh warga untuk melakukan urbanisasi pascaLebaran atau Hari Raya Idulfitri.

"Yang tertinggi itu Kota dan Kabupaten Bandung, jadi itu urbanisasi dalam provinsi atau dari daerah lainnya di Jawa Barat melakukan urbanisasi ke Kota dan Kabupaten Bandung. Ini biasa disebut urbanisasi pasca-Lebaran," kata Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Provinsi Jawa Barat, Heri Suherman.

Menurut dia, berdasarkan data yang dimilikinya jumlah warga yang melakukan urbanisasi ke Kota dan Kabupaten Bandung tidak terlalu besar yakni hanya sekitar 35 ribu orang. "Rata-rata warga yang melakukan urbanisasi ke Kota dan Kabupaten Bandung itu mereka yang mencari pekerjaan di sektor informal," kata dia.

AYO BACA : Emil Prediksi Mudik Tahun Ini Lebih Lancar

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar