Yamaha Lexi

Kiriman Barang via Pos Indonesia Melonjak Jelang Lebaran

  Jumat, 31 Mei 2019   Hengky Sulaksono
Dokumen Pos Indonesia

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM--Menjadi hal biasa di setiap Ramadan dan Idulfitri masyarakat meramaikannya dengan mengirimkan hadiah, uang dan kartu ucapan selamat lebaran bagi keluarga dan kerabat lainnya. Pada momen ini Pos Indonesia pun turut kebanjiran menangani kiriman-kiriman tersebut.

Vice Presiden Pengembangan Bisnis Kurir dan Logistik PT. Pos Indonesia (Persero) Djoko Suhartanto mengatakan peningkatan transaksi menggunakan jasa Pos Indonesia sudah terjadi sejak awal Ramadan dan hingga kini volumenya masih terus bertambah di Kantor Pos seluruh Indonesia.

“Dari segi produksi peningkatannya cukup signifikan. Berdasarkan trend lebaran tahun 2018 dibandingkan bulan Mei tahun 2019, produksi mengalami pertumbuhan sebesar 66,30%. Sedangkan berdasarkan trend produksi bulan Maret, April dan Mei 2019, terdapat pertumbuhan produksi kiriman ritel sebesar 22,40%”, kata Djoko.

AYO BACA : Jelang Lebaran, Pos Indonesia Target Remitansi Tumbuh 120%

Selain dari segi kuantitas, peningkatan juga terjadi dari sisi volume dari bulan sebelumnya. Tercatat peningkatan berat kiriman sebanyak 2.713 kilogram terjadi dari total kiriman pada bulan lalu yang mencapai 10.581 kg.

Berdasarkan wilayah, kontribusi terbesar daerah terhadap peningkatan kiriman Pos berasal dari Regional 5 Jawa Barat dan Banten, Regional 7 Jawa Timur dan Regional 6 Jawa Tengah. Kenaikan jumlah produksi ini tidak lepas dari meningkatnya volume kiriman e-commerce akibat banyaknya pesanan/transaksi. Di Regional 5 Jawa Barat, Kantor Pos Depok, Bandung, dan Sawangan merupakan kantor pos yang melayani transaksi e-commerce terbanyak.

Layanan Pos Indonesia yang digunakan masyarakat meliputi hampir semua jenis layanan, baik untuk  pengiriman barang maupun jasa keuangan. Mendekati lebaran diprediksikan jumlah pengiriman akan terus mengalami peningkatan terutama pengiriman paket dan wesel, baik wesel dalam negeri maupun luar negeri.

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar