Yamaha Aerox

Ini Imbauan Ridwan Kamil untuk Pemudik

  Jumat, 31 Mei 2019   Nur Khansa Ranawati
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil saat meninjau Pos Terpadu Cikopo bersama Menteri Perhubungan RI, Menteri Kesehatan RI, Panglima TNI, dan Kapolri, Jumat (31/5/2019). (Dok Humas Pemprov Jabar)

PURWAKARTA, AYOBANDUNG.COM--Sejumlah imbauan dilontarkan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil kepada pemudik sebelum maupun saat menempuh perjalanan. Salah satunya adalah memastikan kondisi fisik prima dan kendaraan yang bakal digunakan dalam keadaan baik.

Emil –demikian Ridwan Kamil disapa— pun meminta kepada perusahaan transportasi untuk mengecek kondisi kendaraan, terutama bus. Hal itu mesti dilakukan sebagai langkah preventif guna meningkatkan keamanan dan keselamatan pada musim mudik 2019.  

AYO BACA : Cegah Kemacetan, Emil Imbau Pemudik Hindari Rest Area

“Saya titip kepada pemilik bus untuk memastikan kendaraannya prima. Supirnya juga jangan jadi potensi kecelakaan harus sehat bebas narkoba tolong dicek dan lain sebagainya,” katanya saat meninjau Pos Terpadu Cikopo bersama Menteri Perhubungan RI, Menteri Kesehatan RI, Panglima TNI, dan Kapolri, Jumat (31/5/2019).

Atensi Emil tertuju pada pemudik yang menggunakan kendaraan roda dua. Menurutnya, ada beberapa hal yang mesti dilakukan pemudik berkendara roda dua selain menjaga kondisi fisik dan kendaraan, yakni perhitungkan beban bawaan.  

AYO BACA : 354 Bus Mudik Gratis Disiapkan Pemprov Jabar

“Angka kecelakaan terbesar dalam catatan-catatan mudik selalu kendaraan bermotor oleh karena itu hindari sebisa mungkin hal-hal yang berpotensi kecelakaan dari kondisi fisik sampai kendaraan,” katanya.

“Mengangkut barang berlebihan, jumlah penumpang yang banyak, seringkali membahayakan. Mudah-mudahan imbauan itu diikuti oleh para pemudik yang menggunakan motor,” lanjutnya.  

Selain itu, Emil juga mengimbau kepada para pemudik untuk memastikan rumah yang dalam keadaan aman. Pertama, pastikan tak ada arus listrik pada peralatan elektronik. Dan, kunci rumah sebelum ditinggalkan atau titipkan rumah kepada petugas keamanan setempat.

“Lapor kepada warga atau RT yang tidak ikut mudik. Kita sudah tadi di arahan Panglima TNI agar Babinsa patrol. Jangan sampai ada kriminalitas terjadi pada saat Idul Fitri,” tutup Emil.

AYO BACA : Rapat Soal Mudik, Ridwan Kamil Usulkan Tol Gratis

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar