Yamaha NMax

Ribuan Guru Honorer Cianjur Terancam Tak Dapat THR

  Jumat, 31 Mei 2019   Fira Nursyabani
Plt Bupati Cianjur, Jawa Barat, Herman Suherman, Pemkab Cianjur tidak dapat memberikan THR pada tenaga honorer karena tidka memiliki kewenengan dan kebijakan (ANTARA News/Ahmad Fikri)

CIANJUR, AYOBANDUNG.COM -- Ribuan guru tenaga honorer di Cianjur terancam tidak mendapatkan Tunjangan Hari Raya (THR). Hal itu karena pemerintah daerah tidak memiliki kewenangan untuk memberikan THR.

Plt Bupati Cianjur, Herman Suherman, mengatakan pemerintah daerah tidak memiliki kewenangan atau kebijakan untuk menganggarkan pemberian THR untuk tenaga honorer. Pemberian THR tersebut menjadi tanggung jawab dari organisasi perangkat daerah (OPD) terkait dan merupakan kebijakan masing-masing sistem.

AYO BACA : Diperas Bupati, Kepsek SMP se-Cianjur Patungan Kumpulkan Rp600 Juta

Sedangkan terkait THR untuk aparatur sipil negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Cianjur, ungkap dia, sudah dikirim melalui rekening masing-masing, setelah berkoordinasi dengan Bank BJB agar tetap buka hingga 1 Juni.

"Tanggal 1 Juni BJB libur, tapi karena melayani ASN yang tidak punya kartu ATM, kami meminta untuk tetap buka. Kalau yang punya kartu ATM sebenarnya tidak masalah tinggal ambil," ucapnya.

AYO BACA : Jalur Mudik Selatan Cianjur Rusak dan Minim Lampu Penerangan

Sementara Ketua Forum Honorer Kategori 2 (KFHK-2) Cianjur, Magfur mengatakan setiap tahunnya tenaga honorer selalu tidak mendapatkan kejelasaan diberi THR atau tidak. "Tahun lalu honorer hanya mendapakan THR seadanya hasil dari uang iuran dari guru lain yang berstatus pegawai negeri dengan nominal bervariasi," ungkapnya.

Ia mengungkapkan tenaga honorer di Cianjur, selalu diperlakukan seperti anak tiri yang tidak banyak terpenuhi meskipun kerja ataupun tugas serta tanggung jawabnya sama bahkan lebih dari guru berstatus PNS.

"Pemkab Cianjur pernah berjanji akan memberikan insentif pada guru honorer, namun hingga sampai saat ini belum terealisasi. Harapan kami, ini menjadi perhatian semua pihak di lingkungan pemerintah dan DPRD," ujarnya.

AYO BACA : Jelang Mudik, Jalan Provinsi di Cianjur Masih Rusak

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar