Yamaha NMax

Kepincut Kopi Upnormal, Mendag Janji Mudahkan Ekspor

  Kamis, 30 Mei 2019   Nur Khansa Ranawati
Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita menghadiri peresmian gerai kedai kopi dan mie kekinian Upnormal yang ke-100, yakni Upnormal Coffe Roaster Global Project di Jalan Riau Bandung, Kamis (30/5/2019). (Nur Khansa Ranawati/Ayobandung.com)

BANDUNG WETAN, AYOBANDUNG.COM--Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita menghadiri peresmian gerai kedai kopi dan mie kekinian Upnormal yang ke-100, yakni Upnormal Coffe Roaster Global Project di Jalan Riau Bandung, Kamis (30/5/2019). Dalam kesempatan tersebut, Enggartiasto sempat meninjau peralatan roasting kopi sembari berbincang dengan jajaran direksi dan founder Upnormal.

Dia mengaku bangga dengan munculnya brand gerai kopi lokal yang bertumbuh dengan cukup pesat, terutama dengan bahan baku yang 100% berasal dari dalam negeri.

Ini gerai ke-100, dalam waktu empat tahun tumbuh seperti ini. Menurut saya luar biasa, kita harus jaga betul, ungkapnya ketika ditemui di sela acara. 

AYO BACA : Jelang Lebaran, Mendag Pastikan Pasokan dan Harga Pangan Aman

Sebelumnya, dirinya mengaku 'gatal' dengan keinginannya melihat brand kopi lokal Indonesia yang dapat tumbuh berkembang minimal di negerinya sendiri, mengingat Indonesia lama dikenal sebagai salah satu produsen kopi terbaik dunia.

Ada sedikit terganggu, ada keinginan kapan brand Indonesia ini bisa tumbuh sendiri dulu yang nanti pada saatnya kalau sudah kuat dia bisa mengglobal. Untuk ahli-ahli roasting itu kita nggak kalah. (Kopi) Indonesia begitu kaya, tiap daerah ada kekhasannya, tuturnya.

Selepas munculnya brand kopi lokal serupa Upnormal, dia mengatakan, hal yang menjadi tantangan berikutnya adalah kesiapan daerah pemasok untuk memastikan ketersediaan bahan baku bila brand telah mengglobal.

AYO BACA : Sidak di Bandung, Mendag Sentil Kondisi Pasar Cicadas

Hal yang saya senang adalah Upnormal sudah kerjasama dengan Kementrian PDT (Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi), maka beberapa desa didorong menjadi offtaker-nya, ungkapnya.

Guna membantu percepatan brand lokal go global, dalam hal ini Upnormal, Enggartiasto menjanjikan akan memberi bantuan kemudahan ekspor dan perijinan.

Saya tentu akan membantu mereka pada saat mereka menghadapi persoalan ekspor, pada saat mereka menghadapi persoalan izin, pada saat mereka menghadapi berbagai hal yang lain karena kami mau anak-anak muda ini bisa mengembangkan usahanya dengan baik, tuturnya.

Ke depannya, Enggrtiasto menargetkan Upnormal dapat membuka gerai di tiap kota besar di Indonesia bahkan hingga ke luar negeri.

Nanti di Dubai Expo mereka juga masuk, di Trade Expo mereka juga harus masuk karena buyer-buyer dari luar negeri dateng ke sini dan mereka jualan kopinya, pungkasnya.

AYO BACA : Asyiknya Ngopi Sambil Kerja di Upnormal Coffee Roasters Dago

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar