Yamaha Mio S

One Way, Hanya Sebagian Gardu Gerbang Tol Cikatama yang Dibuka

  Kamis, 30 Mei 2019   Dede Nurhasanudin
Antrean kendaraan di Gerbang Tol Cikatama, Kamis (30/5/2019). (Dede Nurhasanudin/Ayobandung.com)

KARAWANG, AYOBANDUNG.COM—Sistem one way di Gerbang Tol Cikampek Utama (Cikatama) menuju Jawa Tengah telah diberlakukan. Dari 30 gardu yang ada, PT Jasa Marga hanya membuka sebagian gardu.

"Dari total ada 30 gardu yang ada di sini, kami membuka total 26 gardu untuk bertransaksi para pemudik," kata Direktur Operasi PT Jasa Marga Subakti saat memantau kesiapan sistem one way di GT Cikatama, Karawang, Kamis (30/5/2019).

Ia mengatakan, gardu akan dibuka secara bertahap. Hal itu sebagai antisipasi kepadatan arus lalu lintas di dalam tol.

AYO BACA : Sistem Satu Arah di GT Cikampek ke Arah Jawa Dilakukan Lebih Awal

"One way ini diskresi pihak kepolisian. Kami harus berhati-hati dalam melaksanakannya. Jika ceroboh bisa terjadi sendatan atau malah terkunci arusnya di depan sana," ujar dia.

Dia menjelaskan, ada tiga gardu satelit yang masing-masing berjumlah empat gardu, serta 14 gardu utama yang dibuka ke arah Timur. 

Dari 26 gardu, ada 12 gardu yang seharusnya digunakan untuk kendaraan dari arah Cipali menuju Jakarta. Namun, kini digunakan untuk arah sebaliknya saat one way diberlakukan.

AYO BACA : Urai Kepadatan, Jalur Satu Arah Mulai Diberlakukan di Selatan Jabar Lintas Garut

Menurut pantauan di lapangan, dua gardu mengarah ke Jakarta masih diaktifkan. Jalur itu diperuntukkan bagi bus dan sebagian mobil peribadi yang masuk dari GT Cikopo.

Hal tersebut ditegaskan General Manager Tol Jakarta-Cikampek Raddy R. Lukman. Ia menjelaskan, ada permintaan agar satu jalur dari arah Cikampek dibuka untuk bus. 

"Untuk bus dari Cikampek masih bisa ke arah barat," ucapnya.

Ia menyebut, pada H-6 Lebaran ini, volume kendaraan arus mudik sudah tampak meningkat dari hari-hari sebelumnya. Oleh karena itu, dia bersama pihak terkait menyatakan kesiapannya memaksimalkan transaksi di GT Cikatama bagi para pemudik.

Dibukanya banyak gardu di GT Cikatama pun, menurutnya ditujukan untuk mengantisipasi terjadinya lonjakan jumlah kendaraan menjelang puncak arus mudik Lebaran 2019.

"Melihat pola arus mudik tahun sebelumnya peak-nya (ramainya pemudik melintas) pada pagi hari, one way pun direncanakan akan sampai pukul 21.00 WIB," kata dia.

AYO BACA : Sistem One Way Tol Trans Jawa Mulai Diberlakukan Pagi Ini

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar