Yamaha Lexi

Indonesia Melonjak 11 Peringkat di Daftar Negara Paling Kompetitif Dunia

  Rabu, 29 Mei 2019   Andres Fatubun
Ilustrasi bendera Indonesia. (Pixabay/Unsplash)

BANDUNG, AYOBANDUNG.COM -- Indonesia melonjak 11 peringkat sebagai negara dengan daya saing ekonomi paling kompetitif di dunia dalam peringkat tahunan yang dirilis oleh lembaga riset IMD World Competitiveness Centre yang berbasis di Swiss.

Indonesia berada di peringkat 32 dari 63 negara. Di tahun sebelumnya, Indonesia berada di urutan 43. 

Indonesia juga tercatat sebagai penggerak terbesar di kawasan berkat peningkatan efisiensi di sektor pemerintah, serta infrastruktur dan kondisi bisnis yang lebih baik.

Amerika Serikat yang ditahun sebelumnya berada di urutan pertama, turun ke peringkat tiga. Posisinya digantikan oleh Singapura disusul Hongkong di urutan dua.

Negara Asia Tenggara lainnya dalam daftar tersebut adalah Malaysia (22), Thailand (25), Filipina (46).

Dalam pengantarnya yang disampaikan Direktur IMD Arturo Bris, dunia saat ini saling berhubungan dan berubah dengan cepat, ekonomi dipengaruhi oleh masalah mulai dari reservasi atas globalisasi hingga skeptisisme atas otomatisasi, dari tantangan keberlanjutan hingga tantangan implementasi. Tidak semua negara melakukan pendekatan terhadap masalah ini dengan cara yang sama.

Daya saing memberikan kerangka kerja untuk mengukur hasil dari tata kelola tantangan ini dari perspektif negara. Pada akhirnya daya saing ini memungkinkan negara mengenali faktor-faktor yang memfasilitasi kemakmurannya. 

 

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar