Yamaha Lexi

Rumah Kosong Ditinggal Pemudik Jadi Fokus Pengamanan Polrestabes Bandung

  Selasa, 28 Mei 2019   Eneng Reni Nuraisyah Jamil
Kapolrestabes Bandung, Kombes Pol Irman Sugema. (Eneng Reni/ayobandung)

BANDUNG WETAN, AYOBANDUNG.COM -- Dalam rangka Operasi Ketupat Lodaya 2019, Polrestabes Bandung menerjunkan 2.054 personel gabungan yang terdiri dari gabungan TNI, Polri, serta instansi terkait lainya. Para personel yang diterjunkan bakal ditempatkan di sekitar 35 pos lebaran, satu posko utama, dan tiga pos layanan. 

Dalam operasi ini, jaran Polrestabes Bandung juga menyoroti soal potensi pencurian rumah kosong yang ditinggal para pemilik rumah saat mudik pada Hari Raya Idulfitri. 

Kapolrestabes Bandung, Kombes Pol Irman Sugema, mengatakan pihaknya sudah memerintahkan jajarannya untuk melakukan giat patroli yang akan dilaksanakan oleh jajaran kepolisian wilayah setempat. Bukan hanya itu, pihaknya pun menganjurkan agar masyarakat Kota Bandung mengaktifkan sistem pos keamanan lingkungan (Pos Kamling).

"Kalau di komplek perumahan itu kan ada satpam dan sebagainya, tapi di rumah-rumah biasa, kami sudah menyampaikan kepada Babinkamtibmas untuk melakukan kordinasi dengan Babinsa dan lurah, untuk mendata informasi rumah mana yang kosong. Nanti kita akan laksanakan patroli pengamanan," ungkap Irman usai menghadiri ‎apel gelar pasukan Operasi Ketupat Lodaya Polda Jabar 2019 di Jalan Dipenogoro, Gasibu Kota Bandung, Selasa (28/5/2019).

AYO BACA : Polrestabes Bandung Terjunkan 2.054 Personel Amankan Lebaran 2019

Dia juga menyebut, jajaran Polrestabes Bandung juga telah memetakan titik kerawanan gangguan Kamtibmas dengan membuat pos pengamanan yang berada di 30 kecamatan Kota Bandung.

"Pola kami antara lain di 30 kecamatan ada pos kemanan. Ada anggota polisi, ada anggota TNI juga ada dari instanis terkait lainya," katanya.

Oleh karena itu, Irman berharap dengan adanya pengamanan rumah kosong ini diharapkan dapat memberikan rasa aman ketika masyarakat meninggalkan rumah atau saat pulang ke kampung halaman.

"Kami juga akan upayakan tetap laksanakan kegiatan patroli, baik siang atau malam untuk menjaga hal-hal yang tidak diinginkan," ujarnya.
 

AYO BACA : Polda Jabar Gelar Operasi Pasukan Ketupat 2019

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar