Yamaha

Menkes Ajak Pemudik Gunakan Pelayanan Kesehatan Lebaran yang Siaga 24 Jam

  Senin, 27 Mei 2019   Andres Fatubun
Menteri Kesehatan Nila F Moelok (tengah) mendengarkan penjelasan petugas kesehatan balai karantina saat meninjau posko kesehatan mudik 1440 H di Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Minggu (26/5/2019). (ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal)

JAKARTA, AYOBANDUNG.COM -- Pelayanan Kesehatan beserta fasilitas lainnya tentu menjadi hal yang penting dalam mudik lebaran setiap tahunnya. Kemenkes menyediakan pelayanan kesehatan itu full time 24 jam bagi pemudik.

Menteri Kesehatan Nila Moeloek bersama dengan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi melakukan pemantauan kesiapan fasilitas fasilitas untuk menunjang pemudik di Stasiun Gambir, Jakarta. Mereka berkesempatan menyapa para penumpang dilanjutkan dengan meninjau Pos Kesehatan.

AYO BACA : Jadwal Diskon Tarif Tol Arus Mudik dan Balik 2019

''Pos-pos kesehatan siap melayani para pemudik dan juga pengemudi untuk cek kesehatan sebelum berangkat, diharapkan tidak ada yang menggunakan obat-obatan terlarang serta tetap menjaga kesehatan,'' jelas Menteri Kesehatan Nila F Moeloek, Minggu (26/5).

Nila mengatakan kesehatan menjadi hal utama yang harus diperhatikan. Penyakit hipertensi dan diabetes mendominasi para pemudik dan pengemudi, sehingga perlu upaya promotif dan preventif.

AYO BACA : Pastikan Saldo Uang Elektronik dan BBM Cukup Saat Mudik

Saat ini, pos kesehatan telah tersedia sebanyak 6.047 diseluruh provinsi, diharapkan dapat dimanfaatkan oleh masyarakat untuk cek kesehatan.

''Posko kesehatan telah siap dan berlangsung selama H-7 dan H+7 lebaran, begitupun pelayanan kesehatan lainnya juga siap selama 24 jam tenaga kesehatan juga tetap bekerja dengan sistem shifting tentunya'' terang Menkes.

Para Tenaga Kesehatan siap untuk melakukan pemeriksaan, obat essential sudah lengkap di pos kesehatan. Jika perlu pengobatan lebih lanjut, di pos kesehahan stasiun, bandara dan pelabuhan telah bekerjasama dengan Puskesmas dan dapat dirujuk ke RS setempat.

AYO BACA : Dinilai Berbahaya, YLKI Imbau Pemudik Jalan Darat Lebih Berhati-hati

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar