Yamaha

Jalur Mudik Selatan Cianjur Rusak dan Minim Lampu Penerangan

  Senin, 27 Mei 2019   Fira Nursyabani
Tikungan sebelum Mapolsek Cibinong, Cianjur, Jawa Barat, minim penerangan sehingga menjadi penyebab lain terjadinya kecelakaan tunggal, petugas mengimbau pemudik ekstra waspada (ANTARA News/Ahmad Fikri)

CIBINONG, AYOBANDUNG.COM -- Jajaran Polres Cianjur mengimbau pemudik dengan tujuan Cianjur Selatan, untuk waspada dan berhati-hati saat melintas di jalur tersebut. Terdapat sejumlah titik rawan kecelakaan di sepanjang jalur mulai dari Cibeber hingga Sindangbarang.

Kapolsek Cibinong, AKP Ahmad Rifai, mengatakan sebagian kecil jalur Cianjur Selatan saat ini masih dalam kondisi rusak. Minimnya penerangan dan rambu lalulintas menjadi faktor penyebab terjadinya kecelakaan seperti di Jalan Raya Cibinong-Cianjur.

Pihaknya mencatat setiap akhir pekan terutama pada musim libur, banyak penguna jalan yang mengalami kecelakaan tunggal baik penguna roda dua atau empat karena keluar jalur saat memasuki tikungan yang berjarak beberapa meter sebelum Mapolsek Cibinong dari arah Cianjur.

AYO BACA : Dinilai Berbahaya, YLKI Imbau Pemudik Jalan Darat Lebih Berhati-hati

"Jalan menikung tajam, minim penerangan dan menyempit dari kedua arah dari Cianjur atau dari Sindangbarang. Sehingga banyak pengendara yang keluar jalur terutama pada malam hari. Kami sudah meminta dipasang penerangan dan rambu peringatan," kata dia, Minggu (16/5/2019).

Namun hingga saat ini, keinginan tersebut belum dikabulkan dinas terkait di daerah maupun provinsi karena jalan tersebut statusnya milik Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat (Jabar). Bahkan harapan dibangunnya dua jalur di depan mapolsek dan pagar pengaman hingga musim mudik lebaran jauh dari kenyataan.

"Harapan kami dibangun dua jalur serta ditambah pagar pengaman jalan terutama dititik rawan yang dibagian kiri atau kanan terdapat jurang yang cukup dalam. Jangan sampai korban jiwa berjatuhan baru dibangun," ujarnya.

AYO BACA : Warga Subang Pantura Sambut Gembira Pemberlakuan Satu Arah Tol Cipali

Harapan untuk meminimalisir terjadinya kecelakaan di sepanjang jalur Cianjur-Cianjur Selatan itu, telah berkali-kali disampaikan melalui Muspika setempat untuk diteruskan ke dinas terkait di Cianjur dan Provinsi Jabar. Tak kunjung mendapat jawaban, pihaknya memasang rambu dan lampu peringatan secara swadaya.

Memasuki musim mudik lebaran kali ini, pihaknya mengimbau pemudik dengan tujuan Cianjur Selatan, untuk ekstra hati-hati saat melintas di sejumlah titik rawan mulai dari Cibeber hingga Cidaun dan Agrabinta. Pemudik diimbau beristirahat di rest area saat mengalami kelelahan.

"Jangan memaksakan diri karena ingin cepat sampai kampung halaman, mengabaikan kelelahan. Kami di mapolsek dan koramil setempat menyiapkan tempat istirahat, silahkan pemudik yang lelah untuk beristirahat," katanya.

Pantauan di sepanjang jalur Selatan mulai dari Kecamatan Cibeber hingga Kecamatan Sindangbarang yang berjarak 100 kilometer itu, masih minim penerangan dan rambu serta lampu peringatan. Hal tersebut diperparah masih banyak jalan yang rusak mulai dari Kecamatan Campaka hingga Sindangbarang.

Bagi pemudik dengan tujuan Selatan dari arah Cianjur, diimbau untuk ekstra waspada Dan berhati-saat melintas. Manfaatkan sejumlah rest area yang tersebar di sepanjang jalan tersebut termasuk di sejumlah mapolsek dan koramil setempat.

AYO BACA : Distarkim Purwakarta Pastikan Jalur Mudik Terang

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar