Yamaha Aerox

Libur Lebaran, Jawa Barat Bakal Dibanjiri Puluhan Ribu Wisatawan

  Minggu, 26 Mei 2019   Nur Khansa Ranawati
Dermaga Apung atau Dermaga Ponton yang menjadi salah satu spot swafoto baru di objek geowisata Kawah Putih. (Eneng Reni/AyoBandung)
BANDUNG WETAN, AYOBANDUNG.COM--Puluhan ribu wisatawan dipastikan akan memadati sejumlah destinasi wisata di Provinsi Jawa Barat selama musim libur lebaran Idulfitri 2019. Seperti tahun-tahun sebelumnya, Jabar menjadi tujuan wisata favorit pelancong.
 
Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Jawa Barat, Dedi Taufik menuturkan sejauh ini pihaknya telah mengantongi data rencana kunjungan ke sejumlah destinasi favorit, di antaranya Sariater yang akan dikunjungi hampir 25.000 wisatawan hingga H+2, Tangkubanparahu (10.000), The Lodge Maribaya (3.000-4.000) dan lokasi wisata lainnya tak terkecuali Geopark Ciletuh.
 
Jawa Barat merupakan tujuan dan lintasan mudik yang tujuannya silaturahmi dan melakukan perjalanan wisata. Untuk itu kami sudah menyiapkan fasilitas di lapangan terutama yang berkaitan dengan hotel dan tempat wisata, kata Dedi kepada ayobandung belum lama ini. 
 
Geliat wisatawan pada musim mudik kali ini juga terasa dengan meningkatnya presentase okupansi hotel di lokasi wisata. Pada H-2 hingga H+7 lebaran tingkat okupansi hotel telah mencapai 80%, lebih besar ketimbang rata-rata okupansi 40%-50% pada hari biasa.
 
Kemarin kita sadah kumpulkan PHRI dan ASITA-nya sudah siap untuk melakukan persiapan apabila ada kunjungan di musim liburan bersama dengan lebaran. Di kawasan lain seperti Garut, Pangandaran, Bogor dan kawasan Ciletuh, katanya.
 
Sebagai persiapan, Disparbud Jabar telah melakukan koordinasi dengan Dinas PU, Dinas Binamarga dan instansi terkait lainnya guna memberikan dukungan akses bagi wisatawan.
 
Jabar, ujar Dedi, memiliki 213 destinasi dengan 60 objek unggulan yang tersebar di lima koridor, yakni koridor Bandung, Bogor, Bekasi, Pangandaran dan Ciayumajakuning.
 
Imbauan kami, pastikan pemesanan tiket akomodasi dan sebagainya jangan sampai begitu ke tempat tujuan sudah full, maka dia harus cari opsi yang lain, tukasnya.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar