Yamaha Lexi

Robert Alberts Nilai Markas Semen Padang Tak Sesuai Standar FIFA

  Sabtu, 25 Mei 2019   Eneng Reni Nuraisyah Jamil
Pelatih Persib Robert Alberts

SOREANG, AYOBANDUNG.COM -- Jelang laga tandang ke markas Semen Padang, Persib Bandung menyoroti kualitas rumput Stadion Haji Agus Salim, Padang, yang tidak sesuai standar FIFA. Pelatih Persib Bandung, Robert Alberts menilai rumput markas skuat Kabau Sirslah itu terlalu tinggi dari anjuran yang ditetapkan FIFA.

"(Kondisi stadionnya) tidak banyak perubahan. Saya sebelumnya melakukan komplain tentang rumput (Stadion H Agus Salim), mereka tidak menjalankan aturan, rumputnya terlalu tinggi," ungkap Robert usai memimpin sesi latihan di Stadion Si Jalak Harupat, Sabtu (25/5/2019) sore.

Pasalnya untuk standardisasi FIFA terkait ketinggian rumput stadion sepak bola, pelatih asal Belanda itu menyebut ketinggian rumput lapangan tidak boleh lebih dari 3 centimeter, atau tepatnya harus 2,7 centimeter.

"Harusnya mereka mengikuti aturan regulasi ketinggian maksimal rumput stadion, yaitu 2,7 centimeter, karena itulah standar FIFA. Dan opini saja rumput di stadion-stadion Indonesia ini masih saja tidak berubah, tidak memenuhi standar, tidak sesuai standar FIFA," lanjutnya.

Kendati pelatih 64 tahun itu menilai Stadion H Agus Salim memiliki kondisi rumput yang sangat tinggi. Namun, di musim ini, Robert yakin kondisi itu akan segera diperbaiki manajemen kabau Sirah.

"Kamu tidak bisa memiliki kondisi rumput lebih panjang dari 2.7 cm karena itu harus disesuai dengan standar FIFA. Dan di Padang kamu lihat kondisi rumputnya sangat tinggi. Tapi saya yakin sejak musim ini mereka bisa mengontrol lebih baik," ujarnya.

Sementara itu berdasarkan regulasi FIFA, terdapat tiga jenis rumput yang cocok digunakan untuk lapangan sepak bola, yakni rumput jenis Cynodon dactylon (CD), Axonopus compressus (AC) atau rumput gajah, dan Zoysia Matrella (ZM) atau dikenal dengan rumput Manila. 

Rumput Manila pun dinilai yang paling baik digunakan untuk lapangan sepak bola. Pasalnya, rumput itu mempunyai warna hijau yang paling pekat di antara dua jenis lainnya. Memiliki tingkat elastisitas yang baik dan tekstur daun yang runcing sehingga aman saat mengenai pull sepatu.

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar