Yamaha Lexi

Ayo Kuliah di Bandung [Part 1]

  Sabtu, 25 Mei 2019   Redaksi AyoBandung.Com
Berpose di Taman Cikapayang, saat Moment Asia Games 2018

Hi para pembelajar sejati, memang cukup telat tulisan ini dibuat. Memang sih Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2019 sudah lewat.

Namun masih ada kesempatan kedua untuk teman-teman menentukan pilihan di manakah hati teman-teman berlabuh yaitu nanti saat Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2019.

Alur seleksi SBMPTN tahun ini cukup berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Saya yakin teman-teman sudah mode maksimal dalam kepoin seluk beluk SBMPTN 2019. Boleh kali ya sedikit mengingatkan bahwa sekarang sistemnya teman-teman harus ikut ujian dulu kemudian nilainya keluar, setelah itu dengan bekal nilai itu teman-teman bisa gunakan untuk memilih kampus impian.

Ujian nya dikenal dengan nama Ujian Tes Berbasis Komputer (UTBK). Setiap peserta diberikan kesempatan mengikuti ujian sebanyak dua kali saja, dan nilai tertinggi nya boleh digunakan untuk mendaftar SBMPTN.

Jadi, kalau teman-teman belum puas dengan nilai ujian yang pertama, tenang masih ada waktu untuk memperbaikinya saat kesempatan ujian yang kedua. Pendek kata, persiapankan dengan sebaik-baiknya maka besar kemungkinan akan mendapat hasil yang terbaik. Orang bijak bilang, hasil akan berbanding lurus dengan keringat yang keluar.

Mengapa Bandung?

Sempurna, satu kata itu adalah cerminan Kota Bandung sebagai tujuan studi buat para mahasiswa seluruh Indonesia. Tahun 2010, saya menancapkan cita-cita untuk berkuliah di salah satu kampus negeri di Bandung.

Mulai dari seleksi daerah sampai seleksi pusat dengan semangat saya mengikutinya. Alhasil saya tidak diterima di tahun itu. Maju tak gentar, terus mencapkan cita-cita yang cetar. Saya urungkan niat pulang ke kampung, dan mulai beradaptasi di Kota Bandung. Saat itu saya berstatus sebagai pedagang di sebuah pasar.

Paginya saya berjualan dan siang nya ikut belajar persiapan seleksi masuk perguruan tinggi di sebuah bimbingan belajar. Tahun kedua saya coba lagi di kampus yang sama, hasilnya tetap sama. Saya tertolak di kampus itu, dan diterima di kampus negeri satunya lagi. Akhirnya saya memutuskan untuk mengambil di kampus tersebut.

Pelan tapi pasti saya mulai jatuh hati dan menikmati perkuliahan. Lulus pun mendekati tepat waktu dan langsung lanjut besiswa magister di kampus yang dulu saya ingin masuk. Masa-masa persiapan masuk magister, ada program pengayaan bahasa inggris di Bandung. Ajaibnya, saya ditempatkan di kampus negeri bandung yang lainnya. Sehingga selama masa kuliah S1 dan S2 saya sudah menikmati suasana kuliah di tiga kampus negeri terkenal di Bandung.

Hikmahnya, Tuhan mempunyai skenario terbaik terhadap diri kita masing-masing. Jangan pernah merasa menjadi pribadi yang gagal ketika dalam kondisi terlemah. Terus lah bergerak seperti biasanya.

Banyak Pilihan Kampusnya

Delapan tahun sudah saya belajar di Bandung, tentu saja sudah bisa bercerita terkait romantika kuliah di Bandung. Bandung akhir-akhir ini menjelma sebagai kota pendidikan.

Coba teman-teman bayangkan saja, ada berapa jumlah kampus negeri dan swasta di Bandung? Jawabnya banyak sekali. Atau coba lihat-lihat lagi, ada berapa jumlah bimbingan belajar yang berasal dari Bandung? Jawab nya banyak juga. Kampus di Bandung sangat komplit mulai dari universitas negeri, universitas swasta, politeknik, sekolah kedinasan, institut, sekolah tinggi, dan akademi semuanya ada di Bandung. Teman-teman tinggal pilih saja sesuai dengan minat dan kemampuan.

Atmosfer di Bandung Cocok untuk Belajar

Secara geografis, sudah kita ketahui bersama kalau Kota Bandung hawanya sangat sejuk. Tapi mentang-mentang sejuk, jangan tidur mulu ya teman-teman. Apalagi tidur saat di kelas, hha. Udara yang sejuk tentu efeknya nya ke otak yang segar untuk belajar. Cuman mungkin ada beberapa mahasiswa yang malas untuk mandi pagi dan mandi sore. Mayoritas kampus di Bandung juga dilengkapi dengan ruang terbuka hijau yang memadai. Bisa belajar di bawah pohon rindang dan dihembuskan angin sepoi-sepoi. Deuh rasanya sekali baca mata kuliah, langsung bisa masuk ke otak.

Toko Buku ada Dimana-mana

Palasari menjadi pasar tradisional buku yang melegenda di Bandung. Pembeli datang rata-rata karena faktor harga dan kelengkapan jenis buku di sana. Buku sumber kuliah berjejer rapi di kios-kios menanti pemilik barunya. Di samping itu juga gampang menemukan toko buku terkenal seperti Gramedia dan Togamas. Ada teman saya yang hobi koleksi buku impor, dia suka beli bukunya di toko Periplus. Dan masih banyak toko buku lainnya.

Transportasi Mudah

Bandung menawarkan moda transpotasi konvesional dan online yang lengkap. Seluruh sudut kota sudah terkoneksikan dengan angkutan perkotaan. Beberapa titik keramaian juga sudah tersedia fasilitas Trans Metro Bandung. Zona Merah transportasi online juga sudah cukup minim. Jadi mau kemanapun teman-teman kong kow, transportasi bukan lah penghalang lagi.

Banyak Pilihan Tempat Piknik

Bandung dikenal sebagai Paris Van Java, yak eee. Memang benar, kota cantik di bumi priangan ini menawarkan banyak destinasi wisata. Baik wisata alam maupun juga wisata modern. Di pusat kota teman-teman akan dimanjakan gedung-gedung heritage indah yang menawan dan instagramable. Ditambah Bandung sedang gencar-gencarnya dibangun taman kota dengan konsep tematik misal taman musik, taman super hero, eh dan ada juga taman Jomblo. Di sekeliling Bandung banyak pilihan wisata alam yang mempesona, area Bandung selatan dan juga Bandung utara menyajikan nuansa pegunungan yang kas dan menyejukkan. Misal di Bandung utara ada Gunung Tangkuban Parahu, Farmhouse, Floating Market, Dusun Bambu, The Lodge Mariabaya, dan masih banyak lagi. Di Bandung selatan misal ada kawah putih, ciwidey, Ranca upas, situ patenggang, dan juga masih banyak lagi. Jika teman-teman ingin melepaskan penat seusai ujian akhir semester, jangan khawatir tinggal cus saja ke daerah mana yang ingin di kunjungi di Bandung. Semua destinasinya wajib teman-teman eksplore.

Sepertinya akan terlalu panjang jika saya bahas semuanya di sini, mungkin akan ada sambungannya lagi di bulan depan ya. Pendaftaran SBMPTN juga akan dibuka pada tanggal 10 – 24 Juni 2019 mendatang. Jadi masih banyak waktu bagi teman-teman untuk istikarah menentukan pilihan. Buah Mangga dibekel buat wisata, Sampai jumpa di artikel selanjutnya.

Agus Ramelan

Tulisan adalah kiriman netizen, isi tulisan di luar tanggung jawab redaksi.

Ayo Menulis klik di sini.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar