Yamaha NMax

Taiwan Negara Pertama di Asia Sahkan Perkawinan Sejenis

  Jumat, 24 Mei 2019   Andres Fatubun
Pasangan sejenis Marc Yuan dan Shane Lin mendaftarkan diri ke kantor urusan sipil untuk memperbarui status pernikahan mereka, Jumat (24/5/2019). (I Hwang/CNN)

TAIWAN, AYOBANDUNG.COM -- Taiwan menjadi negara pertama di benua Asia yang mengesahkan perkawinan sejenis. 

Menurut data yang disampaikan Kementerian Dalam Negeri Taiwan pada Jumat (24/5/2019) pagi waktu setempat, sebanyak 166 pasangan sudah mendaftarkan diri untuk menikah. 

Keputusan pernikahan sejenis ini disahkan oleh Mahkamah Konstitusi Taiwan pada 18 Mei 2019, setelah melalui perdebatan panjang hampir selama dua tahun. 

MK Taiwan memandang Undang-undang pernikahan sebelumnya melanggar hak asasi manusia dan kaum LGBT. MK kemudian memberikan waktu kepada parlemen untuk melakukan amandemen. Hasilnya MK mengubah UU perkawinan dengan mengesahkan perkawinan sejenis. 

Meski sudah disahkan, namun sebagian besar rakyat Taiwan yang berjumlah 24 juta jiwa ini tidak setuju dengan keputusan MK tersebut. Dalam referendum tahun lalu, sekitar 69% pemilih menyatakan perkawinan hanya bisa dilakukan antara pria dengan wanita. 

Untuk menandakan "kemenangan" itu, hari ini puluhan pasangan sejenis yang sudah melakukan pernikahan memperbarui status pernikahannya di kantor urusan sipil dan mendapat pemberitaan luas dari media dalam dan luar negeri Taiwan.

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar