Yamaha Mio S

Presiden Iran dan Rusia Beri Ucapan Selamat untuk Jokowi

  Jumat, 24 Mei 2019   Andres Fatubun
Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Presiden Rusia Vladimir Putin di KTT ASEAN-Rusia di Singapura, 2018. (Sputnik/Alexei Druzhinin/Kremlin via REUTERS)

BANDUNG, AYOBANDUNG.COM -- Presiden Iran, Hassan Rouhani pada Kamis 23 Mei 2019, mengucapkan selamat atas terpilihnya kembali Joko Widodo sebagai presiden RI untuk masa jabatan kedua 2019-2024.

Merespons kemenangan Jokowi - Ma’ruf, "Presiden Iran mengucapkan selamat kepada Presiden Indonesia Joko Widodo atas karena terpilih kembali," jelas kantor berita negara IRNA, dilansir pada Kamis (23/5/2019).

"Karena kemauan politik kedua negara, hubungan antara Iran dan Indonesia telah berkembang dalam beberapa tahun terakhir," lanjut Rouhani dalam pesannya kepada Presiden Widodo.

Rouhani berharap bahwa dalam masa jabatan kedua Jokowi, hubungan antara Teheran dan Jakarta akan berkembang lebih lanjut.

"Presiden Rouhani mengatakan bahwa Republik Islam Iran senang dengan sikap Indonesia yang independen tentang masalah internasional," lanjut IRNA.

"Rouhani mengatakan bahwa ada dasar bersama antara pendekatan logis kedua negara dan tekad mereka untuk tidak dipengaruhi oleh tekanan ekstra-yudisial dan unilateralisme negara-negara tertentu yang mendukung sanksi tidak adil."

Presiden Rouhani mengatakan bahwa Teheran dan Jakarta akan menggunakan semua kapasitas yang ada untuk memperkuat persahabatan mereka.

Dia juga berdoa untuk kesehatan dan keberhasilan Presiden Jokowi, kemakmuran serta kemenangan rakyat Indonesia.

Vladimir Putin
Ucapan selamat juga datang dari Presiden Rusia Vladimir Putin.

Menurut Vladimir Putin, Jokowi merupakan pemimpin negara yang mempunyai prinsip pengembangan hubungan persahabatan terhadap sejumlah negara, termasuk Rusia.

Atas hal tersebut, hubungan antara Rusia dan Indonesia dikatakan Putin selalu berkembang dalam segala bidang.

"Sebagai kepala negara, Jokowi membantu memperluas kerja sama Rusia-Indonesia di berbagai bidang sebagai mitra. Seperti kerjasama dalam menangani masalah topikal di Wilayah Asia-Pasifik," ujar Putin seperti dikutip dari laman en.kremlin.ru, Kamis (23/5/2019).

Presiden Rusia menegaskan kembali kesiapannya untuk melanjutkan dialog konstruktif dan kerja sama untuk kepentingan rakyat Rusia dan Indonesia. 

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar