Yamaha Aerox

Cisinga Jalur Alternatif untuk Hindari Kemacetan di Rajapolah

  Kamis, 23 Mei 2019   Irpan Wahab Muslim
Jalan Cisinga di kawasan Ciawi-Singaparna, Kabupaten Tasikmalaya. (Irpan Wahab/ayotasik)

TASIK, AYOBANDUNG.COM  -- Jalan Ciawi menuju Singaparna atau kawasan Cisinga bisa menjadi pilihan jalur alternatif pemudik tahun 2019. Hal ini untuk menghindari kemacetan di jalur utama jalur mudik. 

Dari pantauan Ayotasik.com di lapangan, kondisi jalan Cisinga dalam kondisi bagus. Meski ada di beberapa titik yang mengalami kerusakan. Dari total 24 Km panjang jalan Cisinga, tinggal 2,5 Km lagi yang belum dilakukan pangaspalan yakni wilayah Ganimukti Desa Santanamekar Kecamatan Cisayong dan wilayah Kudadepa Kecamatan Sukahening. 

Menghindari jalanan yang belum diaspal, pemudik dari arah Singaparna/Padakembang yang hendak menuju Garut bisa mengambil lajur kanan ketika menemukan jalan belum beraspal di Ganimukti. Jalanan kampung yang beraspal itu akan melewati Sukasetia, Sukamukti hingga Kudadepa Kecamatan Cisayong. 

Setibanya di Kudadepa, pemudik mengambil jalan kiri dan akan menemukan jalur Cisinga yang beraspal cukup bagus. Namun, kondisi jalan berbelok dengan adnya tanjakan dan turunan yang cukup tajam.

AYO BACA : Gelar Operasi Pasar Murah, Pemkab Tasik Bagikan 12 Ribu Paket Sembako

Diki Setiawan (36) warga Santanamekar Kecamatan Cisayong mengatakan, setelah dipastikan terhubung, arus lalu lintas Cisinga mulai ramai. Jalan Ciawi - Singaparna ini bisa memperpendek jarak dari wilayah Tasikmalaya tengah dan utara. 

"Jadi lebih dekat kalau dari Singaparna, langsung tembus Ciawi, tidak melewati dulu Rajapolah atau Jamanis yang sering macet, " papar Diki, Kamis (23/5/2019)

Meski sudah dalam kondisi jalan beraspal mulus, namun disarankan tidak melewati jalur Cisinga pada malam hari. Karena masih minim rambu dan Penerangan Jalan Umum (PJU). Selain itu, masih belum lengkapnya rest area ataupun SPBU dikhswatirkan akan mempersulit para pemudik.

"Ini kan belum rampung, jadi fasilitas penunjangnya belum lengkap. Belum ada PJU, rest area, SPBU belum ada semua. " papar Diki.

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar