Yamaha

Pembatasan Akses Media Sosial Tak Pengaruhi Ojol

  Kamis, 23 Mei 2019   Faqih Rohman Syafei
Ilustrasi ojek online. (ANTARA FOTO/Septianda Perdana)

CIMAHI UTARA, AYOBANDUNG.COM -- Pemerintah membatasi masyarakat mengakses media sosial pasca aksi 22 Mei 2019 yang berlangsung di Jakarta. Namun pembatasan ini ternyata tidak berpengaruh pada pengemudi ojek online (ojol).

Salah seorang pengemudi ojol di Cimahi, Maman (37) mengatakan pembatas akses yang dilakukan oleh pemerintah tidak berpengaruh pada layanan pemesanan atau order ojol. Hal tersebut karena, server yang digunakan oleh aplikasi ojol berbeda dengan media sosial. 

AYO BACA : Pengamat: Maraknya Penggunaan VPN Rawan Pembobolan Data

"Gak pengaruh ada batasan akses Medsos. Mungkin ya karena beda server tapi memang tidak ada pengaruh sama sekali, lancar-lancar aja," ujarnya kepada ayobandung.com, Kamis (23/5/2019).

Walaupun demikian, menurutnya pembatasan tersebut berdampak negatif, karena dia cukup kesulitan untuk berkomunikasi dengan keluarga melalui aplikasi pesan singkat. 

AYO BACA : Medsos Dibatasi Pemerintah, Pengusaha Online Galau

"Tapi kalau nge-WA jadi sudah sih dari kemarin, jadinya kan saya gak bisa komunikasi sama orang rumah. Cukup ada pengaruh juga sih," katanya. 

Dia mengungkapkan, menurunnya omzet ojol di bulan Ramadan, bukan karena pembatasan akses medsos oleh pemerintah. Penurunan paling signifikan terjadi pada layanan pemesanan makanan yang turun hampir setengahnya.

"Kalau yang anter penumpang lumayan masih ada, tapi kalau yang pesan makanan turun banget sampai 50% ada. Kan banyak yang puasa jadinya kurang, tapi untuk lainnya masih lumayan," sebutnya. 

Hal serupa diamini juga oleh pengemudi ojol lainnya, Teguh (36) yang telah menggeluti profesi ini selama tiga tahun. Menurutnya, setiap bulan Ramadan memang terjadi penurunan, tetapi dia memakluminya. 

"Ya kalau puasa emang begini, jadi sudah biasa kalau menurun pesan makanan mah. Tapi kalau yang anter penumpang masih bagus tapi tidak seramai hari biasanya," ungkapnya.

AYO BACA : Internet Dibatasi, Ini Bahaya Mengintai Jika Nekat Pakai VPN

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar