Yamaha Aerox

Menteri PUPR: 1000 Km Tol Trans Jawa Siap Dilalui Pemudik

  Kamis, 23 Mei 2019   Andres Fatubun
Foto udara Jalan Tol Cikopo-Palimanan KM 146 di Majalengka, Jawa Barat, Minggu (19/5/2019). Pemerintah akan menerapkan sistem pemberlakuan lalu lintas satu arah di ruas Tol Trans Jawa dari KM 29 Cikarang ke KM 263 Brebes pada 30 Mei hingga 2 Juni untuk mengurai kemacetan saat arus mudik Lebaran 2019. (ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A)

JAKARTA, AYOBANDUNG.COM -- Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono, menyatakan ruas Tol Trans Jawa yang sudah siap digunakan untuk Mudik Lebaran 2019 sepanjang 1.000,7 km. Secara lebih rinci, ruas yang sudah operasional sepanjang 996 km dan sisanya fungsional sepanjang 4,7 km yakni pada ruas Tol Pandaan – Malang seksi 4 Singosari – Pakis.

“Termasuk yang sudah operasional yakni Jalan Tol Pandaan-Malang seksi 1-3 sepanjang 31 km, yang baru diresmikan dua minggu lalu oleh Presiden Jokowi,” jelas Basuki, Kamis (23/5/2019)

AYO BACA : Tol Trans Jawa Dorong Masuknya Investor

Menurut Basuki, untuk di Pulau Jawa seluruh ruas jalan tol dan jalan nasional sudah siap untuk dikelola oleh Korlantas Polri arus lalu lintasnya. Untuk jalan nasional dari Cikampek hingga ke Semarang juga sudah lebih baik kondisinya dari tahun lalu.

Di Lintas Utara Jawa, jalan nasional sepanjang 1.341km dalam kondisi mantap 97%, sementara Lintas Tengah Jawa sepanjang 1.197 km dalam kondisi mantap 93%, sedangkan Lintas Selatan sepanjang 888 km mantap 98 persen, dan Pantai Selatan Jawa  sudah terhubung 1.267 km dari total 1.647 km dengan kondisi mantap 83%.

AYO BACA : Pengamat: Tiket Pesawat Masih Mahal, Tol Trans Jawa Diprediksi Dipadati Pemudik

Selain itu, Kementerian PUPR juga sudah meresmikan jembatan Kolonel Sunandar sepanjang 170 meter yang menghubungkan Kudus-Demak yang berada di akses vital jalan Pantai Utara (Pantura) Jawa Tengah.

“Jembatan tersebut sangat membantu masyarakat karena bisa digunakan dua arah. Selain itu, dua jembatan di Temanggung (Jembatan Galeh Progo) juga sudah siap dibuka untuk umum,” ujarnya.

Sejumlah perbaikan jalan dengan perkerasan beton (rigid pavement) di Pulau Jawa, lanjut Menteri PUPR, juga sudah selesai dan siap dibuka untuk dapat dilewati saat mudik nanti.

“Untuk rigid pavement di daerah Kebumen dibuka Selasa karena menunggu umur beton pada tanggal 22 Mei 2019, begitu pula di daerah Prupuk. Jadi dapat dipastikan semua pekerjaan perbaikan akan dihentikan pada H-10 Lebaran,” ungkap Basuki. 

AYO BACA : BPS: Tol Trans Jawa Berpengaruh pada Jumlah Penumpang Pesawat

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar