Yamaha

Pemkot Bandung & Pemprov Jabar Gelar Bazar Murah di Alun-Alun Ujungberung

  Selasa, 21 Mei 2019   M. Naufal Hafizh
Sekretaris Daerah Jawa Barat Iwa Karniwa dan Wakil Wali Kota Bandung Yana Mulyana saat meninjau sejumlah barang yang dijual dalam Bazar Murah Ramadan 1440 Hijriah di Alun-alun Ujungberung, Jalan A.H. Nasution, Kecamatan Ujungberung, Kota Bandung, Selasa (21/5/2019). (Humas Setda Kota Bandung)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM—Pemerintah Kota Bandung bersama Pemerintah Provinsi Jawa Barat, Badan Musyawarah Perbankan Daerah (BMPD) Jawa Barat, dan Bank Indonesia menggelar acara Bazar Murah Ramadan 1440 Hijriah. Bazar digelar di Alun-alun Ujungberung, Jalan A.H. Nasution, Kecamatan Ujungberung, Kota Bandung, 21-23 Mei.

Wakil Wali Kota Bandung Yana Mulyana menyambut positif bazar murah ini. Ia menyebutkan, Bazar Murah Ramadan 1440 Hijriah adalah solusi dari pemerintah dalam upaya menekan inflasi, khususnya di Kota Bandung.

"Semoga ini menjadi solusi konkret sehingga masyarakat tidak merasa panik akan terjadi kenaikan harga," ujar Yana di area bazar.

Pada kesempatan tersebut, Yana menyoroti tren Ramadan di Indonesia, khususnya Kota Bandung, yaitu pola konsumsi masyarakat yang selalu meningkat. Momen ini kemudian sering dimanfaatkan para spekulan untuk menimbun barang kebutuhan pokok masyarakat. Akibatnya, para distributor menaikkan harga barang.

"Hal ini secara tidak sadar didukung oleh perilaku masyarakat yang meyakini akan terjadi kenaikan harga saat Lebaran sehingga masyarakat melakukan konsumsi berlebih. Konsumsi yang berlebih ini yang bisa memicu terjadinya kenaikan harga," ujar Yana.

Oleh karenanya, Yana mengimbau kepada masyarakat untuk tidak membeli secara berlebihan kebutuhan pokok masyarakat.

AYO BACA : Pertama Kalinya, Big Bad Wolf Book Sale Hadir di Bandung

Senada dengan Yana, Sekretaris Daerah Jawa Barat Iwa Karniwa meminta masyarakat Jawa Barat, khususnya Kota Bandung, tidak panik akan harga pangan tiap menyambut Ramadan dan Idulfitri.

"Benar apa kata Pak Wakil Wali Kota. Tidak perlu panik, semua barang sudah aman. Karena kepanikan warga yang berujung konsumsi berlebihan akan memicu inflasi," ujar Iwa.

Berikut beberapa harga barang yang dijual pada Bazar Murah Ramadan 1440 Hijriah yang digelar di Alun-Alun Ujungberung, Bandung, pada Selasa (21/5/2019):

- Bawang Putih dijual per 1/2 kilogram Rp15.000.

- Bawang Merah Rp20.000/kg

- Aneka Sayuran serba Rp5000.

AYO BACA : Pemkab Bandung Gelar Bazar Ramadan, Catat Tanggalnya!

- Paket Sembako Rp40.000

- Beras Premium Rp12.000/kg.

- Gula Pasir Rp11.500/kg.

- Tepung Terigu Rp8000/kg.

- Daging Rp78.000/kg

- Ikan laut dan tawar mulai dari Rp10.000

Selain itu, dalam Bazar Murah Ramadan 1440 Hijriah dijual sejumlah kebutuhan Lebaran lainnya seperti kue, makanan ringan, baju anak, dan fesyen. Ada juga penukaran uang oleh Bank Indonesia.

AYO BACA : 200 UKM Ramaikan Bazar Ramadan di Gedung Sate

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar