Yamaha Aerox

Deden Tuai Kritik di Laga Perdana, Ini Komentar Robert Alberts

  Selasa, 21 Mei 2019   Eneng Reni Nuraisyah Jamil
Pelatih Persib Bandung Robert Alberts. (Eneng Reni/Ayobandung.com)

ARCAMANIK, AYOBANDUNG.COM—Persib berhasil mengawali kompetisi Liga 1 2019 dengan hasil sempurna. Berhadapan dengan Persipura Jayapura, skuat Maung Bandung menang telak tiga gol tanpa balas dalam laga yang berlangsung di Stadion Si Jalak Harupat, Sabtu (18/5/2019). 

Meski mampu memenangkan laga, bukan berarti Persib Bandung tampil tanpa cela. Performa penjaga gawang Muhammad Natshir sempat mendapat sorotan tajam dari bobotoh saat laga berlangsung. 

Dalam beberapa momen, bobotoh menilai kiper yang karib disapa Deden itu kurang bisa memberikan rasa nyaman di barisan belakang Persib. Sebagai bentuk protes di tengah-tengah pertandingan, sebagian bobotoh menyerukan nama I Made Wirawan yang kala itu duduk di bangku cadangan.

AYO BACA : Debut Apik, Robert Alberts Nilai Jupe Lewati Pemulihan dengan Baik

Melihat situasi tersebut, Pelatih Persib Robert Alberts angkat bicara. Robert sebetulnya tidak mempermasalahkan kritikan. Menurut pelatih asal Belanda itu, kritik adalah hal normal dalam sepak bola. Kritikan pun, kata dia, bagus untuk perkembangan pemain selama kritikan tersebut membangun. 

"(Penjaga gawang) masih harus berkembang, masih harus berlatih seperti yang diharapkan dari penjaga gawang, itu normal. Kritik selalu bagus selama itu membangun," ungkap Robert usai memimpin latihan di Stadion Arcamanik, Senin (20/5/2019) petang.

Kendati demikian, Robert tak menampik ada hal yang harus diperbaiki dari penampilan Deden pada laga tersebut. Namun, secara keseluruhan, Robert memuji performa kiper bernomor punggung satu itu. Menurut Robert, dalam laga kontra Mutiara Hitam, Deden mampu melakukan banyak penyelamatan apik dan bisa menjaga gawang Persib tanpa kebobolan satu gol pun. 

AYO BACA : Bobotoh Pilih Ngabuburit dengan Persib, Ini Respons Robert Alberts

"Jangan lupa dia juga melakukan banyak penyelamatan bagus dan menang 3-0 yang artinya tetap menjaga gawang tanpa kebobolan. Tapi kami akan berdiskusi dengan tim untuk menguasai bola dan dia harus perbaiki itu," katanya. 

Di sisi lain, mengenai kemungkinan rotasi penjaga gawang, Robert belum bisa memastikan. Dirinya mengaku masih akan terus memantau perkembangan dari tiga penjaga gawang Persib.

Meski begitu, diakui Robert, rotasi penjaga gawang adalah hal normal dalam sepak bola, meski harus dalam momentum yang tepat. 

"Itu tergantung dengan kemajuan di pekan ini. Sebuah hal yang normal merotasi penjaga gawang tapi harus di saat yang tepat untuk mengganti kiper," ujarnya.

AYO BACA : Persib Kontra PS Tira-Persikabo Diundur, Robert Alberts Pilih Gim Internal

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar