Yamaha Lexi

GenBI Bandung Komisariat UIN Bandung Hadirkan Pesantren Kilat Selama Sepekan

  Rabu, 22 Mei 2019   Redaksi AyoBandung.Com
GenBI Bandung Komisariat UIN Sunan Gunung Djati Bandung menggelar pesantren kilat khusus anak-anak tingkat TK hingga SMP dari 13-19 Mei 2019 di Masjid Madinatul Munawaroh Mekar Mulya, Panyileukan. (Dok. pribadi)

Generasi Baru Indonesia (GenBI) Bandung Komisariat Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Gunung Djati Bandung hadir kembali memberikan kontribusi di bulan suci Ramadan ini dengan menggelar pesantren kilat (sanlat) khusus anak-anak tingkat TK hingga SMP.

Kegiatan ini berlangsung selama sepekan dari 13-19 Mei 2019 di Masjid Madinatul Munawaroh Mekar Mulya, Panyileukan dan mengusung tema Mencetak Generasi Milenial Pecinta Alquran.

Ketua GenBI Bandung Komisariat Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Gunung Djati Bandung Hasan Munadi, mengatakan bahwa kegiatan ini telah diadakan selama dua tahun sejak 2018 lalu. Kali ini, konsep yang diangkat adalah klasikal dengan memberikan materi-materi mengenai  keagamaan yang dititik beratkan kepada para peserta untuk mencintai Alquran. 

“Peserta yang mengikuti berdasarkan sistem klasikal  ini terdiri dari kelas 1 (TK, SD kelas 2 dan 3 SMP). Pembelajaran yang dihadirkan juga mengenai Fiqih, Tauhid,  Alquran, kemudian diakhiri dengan perlombaan dan penutupan tablig akbar,” ujarnya saat diwawancarai, Senin (20/5/19).

Hal senada pun disampaikan oleh Ketua Pelaksana Sanlat GenBI 2019 Galuh Cahya bahwa tahun ini memang difokuskan peserta Sanlat GenBI mengenai kaidah ajaran Islam sesuai dengan Alquran. Dengan harapan peserta bisa embaca Alquran sesuai dengan tajwid yang baik dan bisa mengamalkan apa yang telah dipelajari sehingga kelak bisa menjadi insan bermanfaat dimanapun mereka berada.

Selain itu, Hasan menyampaikan dengan  setelah diadakan acara ini kontribusi GenBI Bandung dapat dirasakan  kehadirannya oleh masyarakat dan pada khususnya DKM Masjid Madinatul Munawaroh. Harapan seanjutnya ilmu yang telah  diberikan dapat ditindaklanjuti oleh guru-guru Madinatul Munawaroh, agar santri dapat mengimpelementasikan ilmunya secara terus menerus.

“Santri yang menjadi peserta bisa mendapatkan ilmu yang bermanfaat jugapengalaman yang berkesan dari pengalaman ini dari kakak-kakak komunitas GenBI Bandung,” harapnya.

 

Riska Y. Imilda

Tulisan adalah kiriman netizen, isi tulisan di luar tanggung jawab redaksi.

Ayo Menulis klik di sini.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar