Yamaha Mio S

Pertamina Jamin Pasokan Elpiji untuk Lebaran

  Selasa, 21 Mei 2019   Dadi Haryadi
Warga mengantre untuk mendapatkan elpiji 3 Kg. (Irfan Al-Faritsi/Ayobandung. com)

SURABAYA, AYOBANDUNG.COM--PT Pertamina memastikan stok elpiji di Jawa Timur dan berbagai daerah di Indonesia aman untuk kebutuhan Lebaran 2019.

AYO BACA : Warga Keluhkan Mahalnya Harga Eceran Gas 3Kg

"Dari pantauan yang kami lakukan, bisa dipastikan pasokan elpiji di seluruh wilayah Indonesia aman dan harga juga tidak ada gejolak walaupun sejak awal puasa konsumsi elpiji masyarakat sudah mulai naik dikisaran tujuh persen," kata Direktur Pemasaran Retail Pertamina Mas’ud Khamid di Surabaya, seperti dikutip dari Antara, Selasa (21/5/2019).

AYO BACA : Warga Berpenghasilan di Atas Rp1,5 Juta Jangan Beli Elpiji 3 Kg

Dia mengatakan, pemantauan bertajuk "Safari Ramadhan" dilakukan guna memastikan pasokan elpiji selama bulan puasa dan Lebaran Idul Fitri aman, ditambah dengan melihat harga elpiji yang beredar di pasaran. Selain itu, juga memastikan pekerja Depot tetap disiplin dalam menjalankan tugas sebagai Satgas.

Pertamina memprediksi akan ada kenaikan karena masyarakat banyak melakukan aktivitas memasak sejak awal bulan puasa, dan mencapai puncaknya saat H-3 hingga lebaran dikisaran 20 persen.

“Prediksi kami kenaikan selama bulan Ramadan dan Lebaran rata-rata mencapai 10 persen hingga 15 persen, namun pada puncaknya berada di kisaran 20 persen," katanya.

Namun demikian, untuk untuk memastikan tidak ada kelangkaan pasokan, stok elpiji nasional dinaikkan dari 16 hari menjadi 17 hari hingga 18 hari. Volume stok elpiji juga dinaikkan dari 24 ribu metrik ton hingga 25 ribu metrik ton menjadi 28 ribu metrik ton.

AYO BACA : Warga Desa Jatisari Kembangkan Kompor Berbahan Bakar Wood Pelet

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar