Yamaha Lexi

Bantu Padamkan Pasar Kosambi, Ratusan Ojol Rela Liburkan Diri

  Senin, 20 Mei 2019   Andres Fatubun
Anggota SK Jabar, Yayat Ruhiyat. (Andres Fatubun/ayobandung.com)

SUMUR BANDUNG, AYOBANDUNG.COM -- Ratusan pengemudi ojek online (ojol) yang tergabung dalam Yayasan Saling Koordinasi Jawa Barat (SK Jabar), turut membantu melancarkan proses pemadaman api yang melalap Pasar Kosambi.

Sebagian dari mereka mengawal dan membuka jalan bagi mobil pemadam kebakaran agar cepat sampai tujuan. Beberapa lainnya membantu mengatur arus lalu lintas, mengingat adanya penutupan jalan di Jalan Ahmad Yani, tempat Pasar Kosambi berada.

Salah satu anggota SK Jabar, Yayat Ruhiyat, mengaku para ojol terjun menjadi relawan untuk membantu memastikan situasi agar tetap kondusif. Mereka bahkan belum pulang sejak pagi hari tadi demi mengawal mobil-mobil damkar.

AYO BACA : Pasar Kosambi Kebakaran: Angin Kencang Sulitkan Proses Pemadaman

"Kita untuk mengawal damkar, mulai dari tadi pagi jam 6 sampai sekarang kita belum pulang," kata Yayat, kepada ayobandung.com, Senin (20/5/2019).

Menurutnya, ada lebih dari 100 pengemudi ojol yang menjadi relawan untuk membantu petugas pemadam kebakaran. Mereka bahkan telah membantu sejak Sabtu (18/5/2019) lalu dan rela meliburkan diri selama 2 hari ini.

Api dilaporkan masih melalap basemen Pasar Kosambi yang terletak di Kelurahan Kebon Pisang, Kecamatan Sumur Bandung, Kota Bandung, pada Senin (20/5/2019) pagi. Kasi Tanggap Darurat Bencana Diskar PB Kota Bandung, Robby Darwan, mengatakan pada Minggu (19/5/2019) malam api sudah hampir padam seluruhnya. Namun, ternyata titik api kembali ditemukan.

AYO BACA : Lebih dari 30 Jam, Api Masih Melalap Bangunan Pasar Kosambi

"Untuk hari ini, titik api sudah ditemukan lagi, hanya untuk menerobos ini asapnya pekat sekali. Tapi bukan berarti kami mundur, sebenernya kami sudah hampir selesai, mudah-mudahan hari ini bisa padam," ujar Robby saat ditemui di Pasar Kosambi.

Terkait personil, menurutnya hari ini akan ada tambahan personil hingga sekitar 300 orang. "Jadi dari diskar itu ada tiga pleton, hari pertama sama pleton satu, kedua sama pleton dua, hari ini sama pleton tiga," ujar Robby.

Robby juga mengatakan hari ini sudah ada 26 unit pancar, termasuk ada bantuan dari Kabupaten Bandung 1 unit, Kabupaten Bandung Barat 1 unit, Cimahi 1 unit, dan semua unsur lainnya.

Dugaan area terbakar sekitar 250 jongko. Pada Minggu (19/5/2019) juga ada 17 petugas yang mengalami iritasi mata dan sesak nafas dikarenakan asap tebal.

AYO BACA : Gudang Plastik Sulitkan Petugas Damkar Padamkan Api Pasar Kosambi

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar