Yamaha NMax

Lebih dari 30 Jam, Api Masih Melalap Bangunan Pasar Kosambi

  Senin, 20 Mei 2019   Fira Nursyabani
Puluhan petugas pemadam kebakaran beristirahat di depan bangunan Pasar Kosambi yang terbakar, Senin (20/5/2019). (Andres Fatubun/ayobandung.com)

SUMUR BANDUNG, AYOBANDUNG.COM -- Sudah hampir 30 jam, api masih melalap bangunan basemen Pasar Kosambi di yang terletak di Kelurahan Kebon Pisang, Kecamatan Sumur Bandung, Kota Bandung, pada Senin (20/5/2019) pagi. Puluhan petugas pemadam kebakaran terlihat kelelahan di luar bangunan pasar karena harus bekerja keras memadamkan api sejak Sabtu (18/5/2019) malam.

Menurut pantauan ayobandung.com, kepulan asap masih terlihat ke luar dari dalam basemen. Asap yang sangat pekat cukup menyulitkan para petugas untuk memadamkan titik api dan melakukan pendinginan karena jarak pandang yang terbatas.

AYO BACA : Gudang Plastik Sulitkan Petugas Damkar Padamkan Api Pasar Kosambi

Untuk memudahkan proses pemadaman, sejumlah mobil pemadam kebakaran melakukan pengisian air di hydrant yang ada di Jalan Bengawan. 

Informasi dari PD Pasar Kota Bandung menyatakan, ada sekitar 178 lapak dan 40 kios. Namun nilai total kerugian belum dapat diprediksi, mengingat api menjalar ke sejumlah toko-toko lainnya yang ada di lantai 1 dan 2.

AYO BACA : Pasar Kosambi Kebakaran: Bara Api Terus Bermunculan Sulitkan Proses Pendinginan

Menurut Kepala Pasar Kosambi, Septi, kerugian kebakaran ditaksir bisa mencapai miliaran rupiah. Hal itu disebabkan karena para pedagang sudah menyetok banyak barang menjelang Lebaran.

"Bisa miliaran rupiah. Apalagi banyak pedagang yang saat Ramadan ini sudah mulai stok untuk Idulfitri," ujar Septi, Minggu (19/5/2019) kemarin.

Penyebab kebakaran ini diduga dari kios pedagang kelapa. Setelah memarut kelapa, pedagang dilaporkan lupa meninggalkan alat parutnya dalam keadaan listrik masih menyala.

Percikan api yang membakar kios tersebut kemudian menimbulkan bara api yang melalap habis basemen Pasar Kosambi. Untuk memadamkannya Diskar PB Kota Bandung harus mengerahkan puluhan unit mobil pemadam dan menerjunkan ratusan petugas.

AYO BACA : Ini Dugaan Penyebab Kebakaran Pasar Kosambi

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar