Yamaha Lexi

Gudang Plastik Sulitkan Petugas Damkar Padamkan Api Pasar Kosambi

  Senin, 20 Mei 2019   Nur Khansa Ranawati
Mobil Damkar hilir mudik untuk memadamkan api di Pasar Kosambi. (Faqih Rohman Syafei/Ayobandung.com)

SUMUR BANDUNG, AYOBANDUNG.COM--Hingga pukul 20.00, api yang melahap area basement dan semi-basement di lantai 1 Pasar Kosambi Bandung masih berupaya dipadamkan oleh tim Pemadam Kebakaran Kota Bandung. Titik-titik api baru di lantai semi-basement menuju lantaui 1 masih ditemukam.

Kepala Pasar Kosambi, Septie Sahreza mengatakan banyaknya bahan-bahan yang mudah terbakar yang terletak di lantai basement maupun semi-basement menjadi salah satu pemicu api sulit dipadamkan.

"Di basement belum padam juga, di sini banyak bahan-bahan yang mudah terbakar jadi tim Damkar sulit untuk memadamkan. Sampai sekarang masih terus melakukan penyemprotan," ungkapnya, Minggu (19/5/2019).

AYO BACA : Ini Dugaan Penyebab Kebakaran Pasar Kosambi

Septie menuturkan, bahan yang mudah terbakar tersebut salah satunya adalah plastik-plastik yang berasal dari gudang plastik.

"Di sini ada gudang plastik. Itu kalau terbakar kan bisa membuat api lama menyala, sedikit-sedikit tapi terus (terbakar)," tuturnya. 

Di samping itu, ada pula material minyak dan mentega hingga jongko-jongko kayu yang memicu api untuk menyebar lebih mudah.

AYO BACA : Pasar Kosambi Kebakaran: Bara Api Terus Bermunculan Sulitkan Proses Pendinginan

"Ada juga minyak-minyak dan mentega. Di basement itu ada pasar basah dan kayu-kayu. Di sana juga tempat berjualan keringan seperti makanan oleh-oleh yang mudah terbakar," ungkapnya.

Luasan basement, dia mengatakan mencapai kisaran 7 ribu meter persegi. Hingga pukul 20.00, bagian kiri basement habis terlalap api, sementara los daging di bagian kanan tidak terdampak.

"Jadi apinya kebanyakan ke sebelah kiri. Berbatasan dengan Jalan Baranang Siang," jelasnya.

Sementara,  Septie mengatakan, rencana pertemuan dengan PD Pasar akan dilakukan setelah sleuruh proses pemadaman selesai.

"Takutnya kalau sekarang masih ada percikan api. Kita mohon doanya agar api cepat padam," ungkapnya. 

AYO BACA : Kepulan Asap Hitam Masih Terlihat, Petugas Terus Berupaya Padamkan Api

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar