Yamaha NMax

Masjid Telkom University Akan Direnovasi Berskala Dunia

  Minggu, 19 Mei 2019   Mildan Abdalloh
Masjid Syamsul ‘Ulum Telkom University. (Wikimapia)

DAYEUHKOLOT, AYOBANDUNG.COM—Masjid Telkom University akan direnovasi dan ditargetkan menjadi masjid terbesar di dunia.

Panitia pembangunan masjid Telkom University, AT Hanuranto, mengatakan, masjid tersebut pertama dibangun pada 1994 dan rampung pada 1998.

Dulu masjid ini dibangun atas inisiasi para mahasiswa. Dengan anggaran pembangunan Rp1 miliar, berhasil menjadi masjid kampus terbesar di Indonesia, tutur Hanuranto, Minggu (19/5/2019).

Setelah 20 tahun digunakan, Masjid Telkom University yang mampu menampung 3.000 jemaah tersebut tidak lagi menjadi masjid kampus terbesar di Indonesia. Mereka hanya mengklaim sebagai masjid terbesar di Bandung Selatan.

AYO BACA : Bandung Baheula: Masjid Mungsolkanas, Masjid Tertua di Bandung

Mahasiswa Telkom University terus bertambah, bahkan tercatat ada 24.000 mahasiswa muslim di Universitas tersebut. Karenanya, kapasitas 3.000 jemaah sudah dianggap kurang memadai untuk menampung jemaah.

Pihak DKM bersama alumni Telkom University berencana melakukan renovasi.

Kapasitasnya akan 4-5 kali lipat dari sekarang. Masih memungkinkan untuk perluasan di sisi kiri dan kanan, juga akan ada penambahan lantai, katanya.

Selain bangunan masjid yang akan dorenovasi, struktur organisasi masjid pun akan dirombak.

AYO BACA : Ramadan Tempo Dulu: Beduk dan Kohkol Masjid Agung Terdengar sampai Dago

Rencananya akan menjadi corong untuk berkomunikasi dengan masjid universitas di dunia. Jadi, kami akan reposisioning dari masjid kampus terbesar di Bandung Selatan, menjadi masjid kelas dunia, katanya.

Para alumni Telkom University akan melakukan penggalangan dana untuk pembangunan masjid tersebut.

Kami alumni angkatan pertama Telkom University akan mengajak alumni lain untuk mensukseskan program ini, ujar salah satu alumni, Edi Witjara.

Rektor Telkom University Adi Wijaya mengatakan, pihaknya bersyukur dengan peran alumni yang masih membantu universitas dalam melakukan pengembangan pembangunan masjid.

Kami ucapkan terima kasih atas support alumni yang senantiasa mengingat almamater. Melihat juga konteks saat ini sedang merenovasi masjid. Ini akan menjadi percepatan seperti yang diharapkan, tutupnya.

AYO BACA : Diduga Kerasukan, Seorang Pria Hilang di Danau Masjid Terapung Gedebage

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar