Yamaha NMax

Pasar Kosambi Kebakaran: Hampir 16 Jam Petugas Belum Mampu Padamkan Api

  Minggu, 19 Mei 2019   Faqih Rohman Syafei
Upaya pemadaman kebakaran Pasar Kesambi Kota Bandung masih terus dilakukan, Minggu (19/5/2019). Sumber api ditengarai berasal dari kios pedagan kelapa.

SUMUR BANDUNG, AYOBANDUNG.COM-- Upaya pemadaman kebakaran Pasar Kesambi Kota Bandung masih terus dilakukan, Minggu (19/5/2019). Sumber api ditengarai berasal dari kios pedagang kelapa. 

Kepala Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kota Bandung, Dadang Iriana mengatakan api pertama kali muncul dari lantai basement pasar tepatnya dari kios pedagang kelapa. Selang satu jam kemudian petugas Damkar datang ke lokasi dan berupaya memadamkan kobaran api.

"Ini kejadiannya Sabtu malam sekitar pukul 20.00 WIB, kami dapat laporan sekitar pukul 21.00 WIB. Satu jam kami ada keterlambatan laporan," ujarnya kepada ayobandung.com di lokasi, Minggu (19/5/2019).

Menurutnya, keterlambatan tersebut berakibat fatal, hingga membakar ratusan kios-kios lainnya. Selain itu, sampai saat ini beberap titik api masih belum bisa dipadamkan karena banyak kios yang terbuat dari kayu.

"Satu jam keterlambatan membahayakan dan akhirnya seperti ini, sudah hampir 16 jam belum padam. Api kemudian merembet ke 300-an kios lain," katanya.

Sebanyak 140 petugas diterjunkan dalam upaya pemadam, mereka dibagi kedalam dua kloter malam dan pagi. Sedangkan armada pemadam yang diturunkan sebanyak 21 unit. 

"Personil dua kali kami turunkan, malam 70 orang dan pagi 70 orang. Kalau kendaraan ada 21 unit kami turunkan dengan bergantian untuk memadamkan api," jelas Dadang. 

Dadang menyebutkan dalam peristiwa kebakaran tersebut tidak ada korban jiwa. Namun terkait kerugian material belum bisa dipastikan karena kobaran api masih belum padam. 

"Kerugian belum bisa ditaksir nanti ada timnya untuk itu. Alhamdulillah tidak ada korban jiwa," pungkasnya.

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar