Yamaha NMax

3 Upaya Perkuat BIJB Kertajati

  Kamis, 16 Mei 2019   Nur Khansa Ranawati
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengikuti rapat terkait BIJB Kertajati di Kantor Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman, Jakarta, Kamis (16/5/2019). (Dok Humas Pemprov Jabar)

JAKARTA, AYOBANDUNG.COM--Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengatakan, bahwa ada tiga upaya yang dilakukan pemerintah untuk memperkuat Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati di Kabupaten Majalengka.

Selain penerbangan haji dan umrah, dan pemindahan 12 rute penerbangan luar Jawa-Bali dari Bandara Husein Sastranegara Bandung ke Bandara Kertajati, Gubernur juga mengungkapkan bahwa Bandara Kertajati akan mendapat penyertaan modal dari PT Angkasa Pura II.

AYO BACA : Lipkhas BIJB Kertajati: Akankah Bernasib Seperti Sri Lanka?

Hal tersebut dikatakannya, saat ditemui usai rapat terkait BIJB Kertajati di Kantor Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman, Jakarta, Kamis (16/5/2019).

Tadi rapat BIJB membahas tentang penyertaan modal Angkasa Pura II. Kedua, tentang pemindahan rute penerbangan luar Jawa-Bali (dari Bandara Husein Sastranegara Bandung ke Bandara Kertajati), dan penerbangan haji, kata Emil -- sapaan akrab Ridwan Kamil.

AYO BACA : Ridwan Kamil Optimistis Bandara Kertajati akan \'Booming\'

Tiga berita positif ini akan memperkuat BIJB Kertajati, lanjutnya.

PT Angkasa Pura II merupakan pemegang saham sekaligus operator di Bandara Kertajati. Rencana skema penyertaan modal tersebut, AP II akan memberikan sekitar 25% dari saham atau setara dengan Rp 625 Miliar dan akan dikonversi menjadi saham.

Dari penyertaan modal ini akan digunakan BIJB untuk plafon biaya operasional.

Sejak Januari 2018 hingga saat ini AP II telah menjadi operator di Bandara Kertajati. Selain itu, dari sisi investasi AP II pun telah membiayai perpanjangan runway sepanjang 500 meter.

AYO BACA : Iwa Karniwa: Embarkasi Haji di BIJB Rampung 2020

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar