Yamaha Lexi

Sampah di KBB Terus Meningkat, Diprediksi hingga Lebaran

  Kamis, 16 Mei 2019   Faqih Rohman Syafei
Petugas kebersihan dari Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bandung Barat sedang mengangkut sampah. Pada awal Ramadan, sampah di KBB meningkat. Diprediksi terus meningkat hingga Lebaran. (Faqih Rohman/Ayobandung.com)

NGAMPRAH, AYOBANDUNG.COM—Volume sampah di Kabupaten Bandung Barat pada awal Ramadan meningkat 10% dibandingkan hari biasanya. Diprediksi peningkatan akan kembali terjadi menjelang Lebaran 2019. 

Pelaksana Tugas Kepala UPT Kebersihan Dinas Lingkungan Hidup KBB Rudi Kuntadi mengatakan, penambahan volume sampah pada pekan pertama Ramadan karena meningkatnya konsumsi masyarakat.

Banyak masyarakat yang mengonsumsi atau berbelanja jelang Ramadan dengan adanya tradisi munggahan. Dibuktikan setiap hari Senin kami mengangkut sampah empat rit, tapi awal Ramadan menjadi lima rit, ujarnya kepada Ayobandung.com, Kamis (16/5/2019).

AYO BACA : Warga Keluhkan Tumpukan Sampah di Samping Alun-alun Lembang

Menurutnya, penambahan volume sampah merata hampir di seluruh wilayah Kabupaten Bandung Barat, Apalagi sampah-sampah yang dibuang sembarangan membuat pihaknya bekerja ekstra membersihkannya. 

Dia mencontohkan sampah di Alun-alun Lembang yang rutin diangkut setiap dua hari sekali. Namun, kini harus diangkut setiap hari.

Penambahan sampah plastik dan bekas konsumsi masyarakat, diakuinya, terjadi setelah berbuka puasa.

AYO BACA : Kang Pisman di Cisaranten Kidul Hasilkan Bank Sampah Produktif

Karena di tempat tersebut ketika sore hari banyak yang berjualan. Nah, banyak tumpukan sampah yang dibuang sembarangan. Terlebih sampah liar, katanya.

Dia menjelaskan, memasuki pekan kedua Ramadan, volume sampah di Kabupaten Bandung Barat kembali normal. Namun, menjelang Lebaran, diperkirakan akan terjadi penambahan yang lebih besar dibandingkan awal Ramadan. 

Kembali normal kalau sudah minggu kedua dan seterusnya. Tapi jelang Lebaran itu akan lebih dari awal penumpukan sampahnya, ucapnya.

Rudi mengimbau masyarakat untuk bersama-sama menjaga lingkungan dengan tidak membuang sampah sembarangan.

Masyarakat ke depannya jangan sembarangan membuang sampah. Mari kita berkerja sama untuk sama-sama menyelesaikan ini, pungkasnya.

AYO BACA : Begini Cara Kecamatan Cibiru Atasi Sampah, Dari Biodigester Hingga Magoot

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar