Yamaha Aerox

Apik Kelola Informasi Sambut Hari Telekomunikasi dan Informatika Sosial

  Kamis, 16 Mei 2019   M. Naufal Hafizh
Sekretaris Diskominfo Kota Bandung Dicky Wisnu pada kegiatan Bandung Menjawab di Balai Kota Bandung, Jalan Wastukancana, Kamis (16/5/2019). (Humas Setda Kota Bandung)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM—Pemerintah Kota Bandung kembali mengimbau warga lebih apik memanfaatkan teknologi informasi. Warga diminta tidak menyebarkan hoaks hanya karena kurang teliti menyaring informasi.

Hal itu yang menjadi perhatian Pemkot Bandung dalam menyambut hari Telekomunikasi dan Informatika Sosial.

Kita ajak stakeholder, Satuan Kerja Perangkat Daerah, dan masyarakat untuk menggunakan teknologi sebaik mungkin. Jangan sampai informasi yang kita dapat itu hoaks. Maka, seteliti mungkin menyaring informasi, ujar Sekretaris Diskominfo Kota Bandung Dicky Wisnu pada kegiatan Bandung Menjawab di Balai Kota Bandung, Jalan Wastukancana, Kamis (16/5/2019).

AYO BACA : Hoaks: Berita Anggota KPPS di Bandung Meninggal Karena Racun

Selain menyaring informasi, memaknai hari Telekomunikasi dan Informatika Sosial juga dalam pemanfaatan smart city. Menurutnya, Bandung yang identik dengan kota pintar perlu terus menggali informasi agar lebih berkembang. 

Seperti duplikasi aplikasi atau pun kerja sama antardaerah bahkan luar negeri untuk saling mengembangkan wilayah yang dinilai menjadi acuan kota pintar. 

Kita terus mendorong peningkatan level smart city. Selain mengembangkan potensi, juga saling belajar satu sama lain agar kota Bandung terus berkembang, katanya.

AYO BACA : Bahas HUT PKI di Video, Pria Ini Terancam 6 Tahun Penjara

Sementara itu, Kepala Bidang Diseminasi Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Bandung Elly Harliani menyampaikan, Diskominfo selalu mengadakan sosialisasi bagi organisasi Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) soal literasi informasi.

Menurutnya, hal itu menjadi penting agar organisasi tersebut mampu mengonsumsi informasi di era digital ini dengan baik.

Kita informasikan kepada KIM mengenai penggunaan internet, bagaimana memfilter informasi yang masuk dan sebagainya, kata Ely. 

Selain itu, pihaknya juga menggelar Bimbingan Teknis.

Adanya kegiatan bimtek seperti itu mampu mengedukasi masyarakat. Terpenting adalah bagaimana masyarakat itu lebih bijak dalam mengelola dan menyebarkan informasi yang bernilai positif, harapnya.

AYO BACA : Soal Blokir Hoaks, Menkominfo: Facebook Paling Parah

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar