Yamaha Lexi

BPK Audit Laporan Keuangan Pemkot Bandung, Ini Tanggapannya

  Kamis, 16 Mei 2019   M. Naufal Hafizh
Kepala BPK Kantor Wilayah Jawa Barat Arman Syifa saat Exit Meeting Pemeriksaan BPK di Ruang Tengah Balai Kota Bandung, Kamis (16/5/2019). (Humas Setda Kota Bandung)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM—Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) telah mengaudit laporan keuangan Tahun Anggaran 2018 di Pemerintah Kota Bandung. Dari audit selama 2 bulan tersebut, BPK mengapresiasi kemajuan laporan keuangan Pemkot Bandung.

“Saya mengapresiasi. Berdasarkan hasil pemeriksaan lapangan banyak progres. Ini jangan berhenti, karena yang namanya pengelolaan keuangan setiap tahun, baik yang sifatnya proyeksi anggaran yang setiap tahun dilakukan maupun pengelolaan atas kekayaan daerah, itu harus dilakukan secara berkesinambungan,” ujar Kepala BPK Kantor Wilayah Jawa Barat Arman Syifa, Kamis (16/5/2019), seperti dalam keterangan resmi yang diterima Ayobandung.com.

AYO BACA : Ini Alasan Mengapa Meski Puasa, Keuangan Justru Lebih Boros

“Semua temuan kita terkait pelaksanaan anggaran. Nanti pada 27 Mei insyaallah kami akan sampaikan secara resmi. Ini nantinya untuk memberikan opini terhadap laporan keuangan,” lanjutnya. 

Ia mengatakan, tidak sedikit pemerintah daerah yang terlena akan keberhasilan penyelenggaraan laporan keuangan. Hal tersebut tak jarang membuat laporan yang tadinya baik menjadi menurun kualitasnya di tahun berikutnya.

AYO BACA : OJK Luncurkan OBOX, Perkuat Pengawasan Jasa Keuangan Berbasis TI

“Banyak pemda yang juga lalai, yang dulunya sudah wajar pun bisa jadi ada pengecualian kalau tidak dijaga proses pengelolaannya,” katanya.

Oleh karena itu, ia berpesan kepada Pemkot Bandung untuk terus menjaga konsistensi kualitas penyelenggaraan laporan. Ia pun mengimbau untuk segera menuntaskan ‘pekerjaan rumah’ yang masih perlu penyempurnaan sehingga laporan keuangan Pemkot Bandung bisa lebih baik.

“Kami juga berpesan untuk menjaga proses kredibilitas dari pelaksanaan anggaran, terkait belanja modal, belanja barang, karena itu sangat terkait dengan validitas keabsahan dari pengeluaran itu sendiri,” ujarnya.

AYO BACA : BPK: Pemkot Bandung Berpeluang Raih Opini WTP

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar