Yamaha NMax

Polling: Siapa Juara Liga Champions, Liverpool atau Tottenham Hotspur?

  Kamis, 16 Mei 2019   Andres Fatubun
Trofi Liga Champions. (UEFA)

BANDUNG, AYOBANDUNG.COM -- Final Liga Champions musim ini mempertemukan dua tim elite asal Liga Premier Inggris, Liverpool kontra Tottenham Hotspur. Laga final akan digelar di Wanda Metropolitano di Madrid, Minggu (2/6/2019) dini hari mulai pukul 02.00 WIB.

Liverpool akan diperkuat kembali oleh duo strikernya Roberto Firmino dan Mohamed Salah yang absen saat mengunduli Barcelona di leg kedua babak semifinal. Kehadiran Firmino dan Salah memberikan suntikan moral bagi skuat The Reds. Terlebih kehadiran Firmino yang sudah dua kali menjebol gawang Spurs di liga domestik musim ini. 

Begitu juga Spurs, Harry Kane yang dibekap cedera panjang kemungkinan besar akan turun. Meski tidak ada jaminan, ia akan diturunkan sejak awal. Penampilan Lucas Moura yang brilian saat mengalahkan Ajax, bisa menjadi opsi pertama bagi pelatih Spurs. Moura akan ditopang dua pemain dengan daya jelajah tinggi, Son Heung-min dan Chrstian Eriksen.

Langkah Menuju Partai Final 
Liverpool lolos ke partai puncak setelah mengalahkan Barcelona secara dramatis. The Reds sukses melakukan "comeback" dengan skor 4-0 di leg kedua, setelah kalah 3-0 di leg pertama. Hebatnya dalam pertandingan leg kedua, Liverpool tidak diperkuat oleh duo strikernya Salah dan Firmino. 

AYO BACA : Ridwan Kamil Prediksi Juara Liga Champions, Liverpool atau Tottenham Hotspur?

Dengan gaya permainan ala heavy metal, skuat Liverpool tampil bak mesin. Mengejar bola sepanjang pertandingan, solid dalam pertahanan, dan tajam ketika menyerang. 

Hal yang sama dialami rivalnya. 

Spurs sempat tertinggal tiga gol dari tim penuh kejutan Ajax Amsterdam, namun bisa menyamakannya dan berhak melenggang ke final karena unggul agresivitas gol. 

Di leg pertama, bermain di kandang sendiri tanpa Kane dan Son, Spurs kalah 0-1. Sementara di leg kedua, Spurs sempat tertinggal dua gol di babak pertama. 

Namun siapa yang menyangka, di babak kedua Spurs bangkit dan mencetak tiga gol lewat hattrick Moura.

AYO BACA : Final Liga Champios 2019: Liverpool Catat 9, Spurs Baru 1

Skor berakhir 3-3, tapi Spurs berhasil mencetak gol tandang lebih banyak ketimbang Ajax. Menurut aturan home and away, Spurs dinyatakan sebagai pemenang.

Liga Champions Berbeda
Pelatih Liverpool dan Spurs sama-sama menyukai pola permainan yang ofensif dengan daya dobrak yang tinggi. Di liga domestik, Liverpool berhasil menyarangkan 89 gol dan Spurs 67 gol.

Catatan lainnya, dua penyerang Liverpool yaitu Sadio Mane dan Salah terpilih sebagai top skorer dengan 23 gol. Sedangkan Kane yang dibekap cedera panjang, mencetak 17 gol. 

Dalam dua pertemuan home and away di Liga Premier, Liverpool berhasil memenangkan keduanya. 

Dalam pertandingan pertama di Stadion Wembley, kandang sementara Spurs, Liverpool menang 1-2. The Reds kembali menang dengan skor yang sama saat menjamu Spurs.

Berdasarkan catatan statistik di liga domestik, Liverpool lebih diunggulkan untuk memenangkan trofi Liga Champions. Namun, Liga Champions selalu menghadirkan drama.

Tim unggulan seperti PSG, Bayern Muenchen, dan Real Madrid terhempas di babak 16 besar. Di babak selanjutnya giliran Juventus yang diperkuat Cristiano Ronaldo dan tim super kaya Manchester City terhenti. 

Pelatih kawakan, Jose Mourinho, berujar tidak ada yang difavoritkan antara Liverpool dengan Spurs. Bahkan kemenangan bisa saja ditentukan lewat adu penalti. Namun satu hal yang pasti, pertandingan nanti akan berjalan seru. 

AYO BACA : Mourinho Sebut Tak Ada Tim Favorit di Liga Champions

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar